Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Three Rahmadona - Universitas Negeri Padang
Nelly Astimar - Universitas Negeri Padang

Abstract


The success in implementing integrated thematic learning using a scientific approach, starts from the skills of an educator in preparing lesson plans. However, there are still educators who are not perfect in making lesson plans, so the authors are interested in making learning designs with a scientific approach. The method used is literature study, by comparing the various research results of the scientific approach. From the observations of the five scientific lesson plans that the author found, it is concluded; the suitability of RPP by M (2015) is 93.22% with a total value of 55 out of 59 total scores; K (2015) amounted to 88.1% with a total value of 52 out of 59 total scores; H (2020) of 83.05% with a total score of 49 out of 59 total scores; B (2016) of 84.75% with a total value of 50 out of 59 total scores; and R (2018) amounting to 84.75% with a total value of 50 out of 59 total scores. From the results of the lesson plans that the author made, the suitability of the lesson plans was 100% with a total value of 59 of the 59 total scores.


Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amake, Indah Haryati. (2016). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik di SDN Monggang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Nomor 6 Volume 5).

Bailaen, Gresan J.P. (2016). Pengembangan LKS Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Subtema Tugasku Sebagai Umat Beragama Untuk Siswa Kelas II SD Negeri Kalasan 1. Skripsi. Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Bermawi, Yoserizal dan Tati Fauziah. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar (Volume 2 Nomor 4).

Hanum, dkk. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Berbasis Karakter. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan (Volume 34 Nomor 1).

Hermawan, Iwan. (2019). Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Karawang: Hidayatulquran.

Hidayah, dkk. (2016). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas II SD. Jurnal Seminar Nasional: Pengembangan Profesionalisme Pendidik Untuk Membangun Karakter Anak Bangsa (Nomor 1 Volume 2).

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iswandari, dkk. (2017). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas Rendah SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Jurnal Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta (Nomor 1 Volume 1).

Kawan, Sejati Mulya. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas IIC Sekolah Dasar Islamic Global School (IGS) Kota Malang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kemendikbud.

Lampiran Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. (2016). Jakarta: Kemendikbud.

Laurianus, dkk. (2014). Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. III (12).

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Malawi, Ibadullah, dkk. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Mardianto, dkk. (2017). Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Saintifik di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Volume 6 Nomor 3).

Masni, Nurbaiti. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas 2 SDN 12 Bukik Cangang Kota Bukittinggi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Padang: UNP.

Mayarnimar. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berorientasi Pendekatan Saintifik Dalam Upaya Membangun Kecerdasan Siswa di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIP UNP (Volume 1 Nomor 1).

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013. (2013). Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. (2014). Jakarta: Kemendikbud.

Rachmika, Noor Baity. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema Pengalamanku di SDN Sumbersari 01 Jember. Skripsi. Diterbitkan. Jember: Universitas Jember.

Rahmi, Febria. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 19 Koto Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Volume 1 Nomor 2).

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2016). Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Tarmili,dkk. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Volume 6 Nomor 5).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i3.10104