Analisis kesesuaian materi fisika SMA dengan materi gempa bumi

Nadia Sasma - Universitas Negeri Padang
Ahmad Fauzi - Universitas Negeri Padang

Abstract


Indonesia merupakan negara yang sangat rentan terhadap bencana gempa bumi. Upaya mitigasi bencana sangat penting dilakukan, salah satunya adalah melalui pendidikan kebencanaan. Pendidikan kebencanaan dilakukan dengan mengintegrasikan materi bencana ke dalam salah satu mata pelajaran di sekolah. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah mata pelajaran fisika. Namun sebelum mengintegrasikan materi gempa bumi kedalam mata pelajaran fisika, perlu dilakukan analisis kesesuaian materi gempa bumi dengan materi fisika SMA kelas X,XI dan XII untuk mendapatkan materi fisika yang sesuai untuk disisipi materi gempa bumi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekaan kualitatif. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tabel analisis kesesuaian materi gempa bumi dengan materi fisika. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesesuaian materi fisika X-1 dengan materi gempa bumi berkategori cukup sesuai dengan nilai kesesuaian sebesar 0,4083. Fisika X-1 terdiri atas 6 materi pokok, yaitu Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah, Pengukuran, Vektor, Gerak Lurus dan Gerak Melingkar. Hakikat Fisika dan prosedure ilmiah memiliki nilai kesesuaian 0,30, Pengukuran memiliki nilai kesesuaian 0,35, Vektor memiliki nilai kesesuaian 0,57, Gerak Lurus memiiki nilai kesesuaian 0,50, Gerak Parabola memiliki nilai kesesuaian 0,425 dan Gerak Melingkar memiliki nilai kesesuaian 0,30. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa materi gempa bumi sesuai untuk diintegrasikan dengan materi vektor, gerak lurus dan gerak parabola.

Full Text:

Download PDF

References


Husein, Salahuddin.2016.Bencana Gempa Bumi.Yogyakarta:Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada

Tim Penyusun, 2012. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Jakarta: Badan Nasional Penanggulan Bencana

Tim LPBD, 2018. Rencana Kontinjensi Menghadapi Bencana Tsunami Provinsi Sumatera Barat: Padang:Pemprov Sumbar

Siregar, Harrys.2003. Peranan Fisika pada Disiplin Ilmu Teknik Kimia. Medan: Program Studi Teknik KimIA, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Ardila, Safitri. 2018. Analisis Kesesuaian Tujuan Kurikulum Pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTS Kelas VII Semester 2 Untuk Diintegrasikan Dengan Materi Tsunami. Padang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Amira, Wulandari Tiara. 2019. Analisis Kesesuaian Materi Fisika Untuk Diintegrasikan Dengan Materi Tsunami Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII. Padang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Tri, Wahyuni Anggun, 2018. Pengaruh LKPD Terintegrasi Materi Gelombang Gempa Bumi Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik di SMA. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Tita. 2018. Pengaruh LKPD Terintegrasi Materi Gelombang Gempa Bumi Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Di SMA. Padang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Nurul, Rustam Ilmarsah. 2016. Pengaruh LKS Terintegrasi Materi Gempa Bumi Pada Konsep Usaha, Energi, Momentum, Dan Impuls Terhadap Kompetensi Fisika Kelas Xi Sman 4 Padang Dalam Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Problem Solving. Padang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Suherman, Dea Stivani. 2015. Analisis Potensi Gempa Bumi di Sumatera Barat sebagai Tahap Investigasi Awal dalam Mendesain Buku Teks Fisika SMA Terintegrasi Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika II. ISBN 978-602-14657-1-4 : 184.

Zukir, Muhammad. 2013. Pengaruh LKS Terintegrasi Materi Bencana Gempabumi pada Konsep Elastisitas dan Getaran terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Problem Based Instruction di Kelas XI SMA N 1 Padang. Padang:Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Gay, L.R. and Airasian, Peter. Educational Research Competencies for Analysisi and Application. New Jersey : Prentice-Hall.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trifanac,M,D. 2002. A note on rotational components of earthquake motions on ground surface for incident body waves. Department of Civil Engineering, University of Southern California, Los Angeles, California 90007

Sunarjo.dkk. 2012. Gempa Bumi Edisi Populer. Jakarta: BMKG

Harms,J dkk. 2014. Transient Gravity Perturbations Induced By Earthquake Rupture. GJI Gravity, geodesy and tides

Sugeng, Afnimar, dkk. 2013. Characteristics of Earthquake Tsunamis in Indonesia Based On Source Parameter Analysis. Bandung: Tsunami Warning Information Division Indonesian, Meteorological Climatological and Geophysical Agency (BMKG)

Emanuel, D, Kastle dkk. 2016. Two-receiver measurements of phase velocity: cross-validation of ambient-noise and earthquake-based observations. Geophysical Journal Internasional, Department of Geoscience and Engineering, Delft University of Technology, Delft, The Netherlands

Anshell, J, Schiff. 2006. Guide to Improved Earthquake Performance of Electric Power Systems. Electric Power and Communications Committee Technical Council on Lifeline Earthquake Engineering, New York University

Nguyen Dinh, Pham. 2009. Rotational Motions In Seismology: Theory, Observation, Modeling. zur Erlangung des Doktorgrades der Fakultät für Geowissenschaften der Ludwig-Maximilians-Universität München

Georgios, Marios, Karagiannis. 2017. Power grid recovery after natural hazard impact. Luxembourg: Publications Office of the European Union

Fauzi, Ahmad. 2013. Fisika Bencana Alam. Padang : Universitas Negeri Padang.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Anderson, Liorin W. dan David, R. Krathwohl. 2010. Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8196171074