Analisis validasi modul fisika bermuatan literasi saintifik pada materi gerak lurus dan gerak parabola

Wina Putri - Universitas Negeri Padang
Hidayati Hidayati - Universitas Negeri Padang
Renol Afrizon - Universitas Negeri Padang

Abstract


Pendidikan memainkan peran penting dalam meningkatkan dan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh siswa. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, di mana salah satunya adalah perubahan kurikulum 2013 yang direvisi menjadi kurikulum 2017. Selain itu, revisi 2013 menjadi kurikulum 2017 berisi beberapa hal penting, salah satunya adalah peningkatan literasi siswa dalam belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, keadaan sekolah menunjukkan bahwa penerapan literasi sains dalam pembelajaran fisika belum pada keadaan optimal, literasi yang digunakan hanyalah literasi fungsional. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan modul fisika dengan literasi ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas modul fisika yang mengandung literasi ilmiah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Selanjutnya, prosedur penelitian ini terdiri dari masalah potensial, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba aplikasi produk ,, dan produk massal. Penelitian ini terbatas pada tahap validasi desain dan revisi desain. Objek penelitian adalah modul fisika dengan literasi ilmiah dalam materi Gerak Lurus dan Parabola Kelas X SMA / MA. Oleh karena itu, instrumen untuk validasi modul fisika adalah lembar angket. Validator bahan ajar fisika yang mengandung literasi ilmiah adalah 3 dosen fisika FMIPA UNP. Berdasarkan analisis data dari penelitian, Modul fisika yang mengandung literasi ilmiah dalam materi gerak sangat valid dengan nilai validitas rata-rata 86,02. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika sarat dengan literasi saintifik pada materi gerak lurus dan gerak parabola di kelas X SMA / MA yang telah dibuat ini cocok untuk digunakan dalam pembelajaran fisika karena memenuhi kelayakan dasar pada hasil validasi para ahli.

Full Text:

Download PDF

References


Nursurila, N., Darvina, Y., Hidayati., & Masril . 2008. Pembuatan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT Pada Materi Gelombang, Optik, dan Pemanasan Global Kelas XI SMA. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No.3,2018,193-200

Fadhillah. 2014. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI,/ SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Syahbani,A,. Hidayati,. dan Asrizal. (2019). Pengembangan LKS IPA Terpadu Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar Fluida Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTS Pada Kelas XI. Pillar of Physics Education, Vol. 12. No 2, 2019, 154-161

Siswanto. 2018. Modul Pelatihan Instrumentasi Kurikulum 2013 SMA tahun 2018. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daryanto, dan Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PBH, dan Bahan Ajar). Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

OECD. 2006. Science Competencies for Tomorrow’s World. I : Analysis. USA : OECD-PISA

Utami, Budi. 2016. Science Literacy In Science Lesson. (1). Jurnal Prosding ICTTE FKIP UNS. Hlm 125-133

Sugiyono.2017.Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Riduwan.2012. Pengantar Statistika (Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis). Bandung: Alfabeta

Khairunnisa, H., Kamus, Z., Murtiani. 2018. Analisis Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Kecerdasan Sosial Pada Materi Gerak parabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, Vol 11. No 2, Oktober 2018, 121-128.

Prastowo, Anas. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Afrizon, R., Sari, S,Y., Ahmad,F.2016. Desain Perangkat Perkuliahan Fisika Statistik Berbasis KKNI dengan Pendekatan Kontruktivis. EKSATA Vol.2 Tahun XVII Juli 2016

Masril dan Hidayati. 2015. Perancangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach Untuk Mata Pelajaran Fisikka SMA Kelas X Eksakta. Vol. 1 Tahun XVI.

Permendikbud No. 37 Tahun tentang Perubahan KI, KD Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8189171074