Pengaruh penerapan buku ajar bermuatan kecerdasan komprehensif dan model problem based learning pada materi gerak parabola dan gerak melingkar di kelas X SMAN 8 Padang
Abstract
Learning outcomes in students Physics subjects are not as expected, due to students' mastery of Physics material is still lacking. Besides that the learning model used is still not varied and teaching materials are not yet fully used. Therefore, researchers used a Problem Based Learning (PBL) learning model supported by a textbook. This study aims to determine the effect of the application of textbooks containing comprehensive intelligence Model Problem Based Learning on Parabolic and Circular Motion material in class X of SMAN 8 Padang.This type of research is a quasi-experimental research design with pre-expertal design. The study population was all students of class X MIPA SMAN 8 Padang who were registered in 2019/2020. The research sample was taken using purposive sampling technique. The sample in this study was class X MIPA 3 as an experimental class and class X MIPA 5 as a control class. Research data are only knowledge competencies. The research instrument was in the form of pre-test and post-test questions to measure knowledge competence. The data obtained were analyzed using the two average similarity test (t test), simple linear regression test, and correlation test at the 0.05 level for knowledge competence.From the analysis of the data it can be concluded that the use of textbooks with comprehensive intelligence gives a significant difference to the knowledge competence of students at the real level of 0.05.
Full Text:
Download PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agus Suprijuno. 2009. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Andi Pratowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamas,Djusmaini. 2012. Bahan Ajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Publikasi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Goleman, D. 2007. Emotional Intellegency: Kecerdasan Emosional. Mengapa
EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hasanah, Aviatul. 2016. Pengaruh Penerapan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Maslaah terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 10 Padang. Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia, Maret 2016.(Tidak dipublikasikan)
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Ilmas Kurniasih. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan.
Surabaya: Kata Pena
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum . Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Salinan Lampiran Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran. Jakarta : Kemendikbud
Kemendikbud. 2014. Salinan Lampiran Permendikbud No. 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta : Kemendikbud
Kunandar.2013. Penilaian Autentik ( Penilaian hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu pendektan Praktis Disertai Contoh.Jakarta : PT raja Grafindo Persada
Mulyasa. 2008. Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta : Remaja Rosdakarya
Muhammad Fathurrohman. 2015. Paragdima Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran Di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun. 2013. Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendibud. 2014: Lampiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah
Menengah Atas/ Madarasah Aliyah. Jakarta
Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permendikbud No 20 Tahun 2016.Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Permendikbud No 21 Tahun 2016.Tentang Standar Isi Pedidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Permendikbud No 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud No 23 Tahun 2016.Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Permendikbud No 53 Tahun 2015.Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva
Press
Ramadani, Ifrilla. 2014. Pengaruh Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMAN 5 Padang. Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia, Maret 2014.(Tidak dipublikasikan)
Riduwan, Sunarto. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Pemula. Bandung: Alfabeta
Ridwan Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintific Untuk Implementasi
Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sembiring, M. Gorky. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati.Jakarta: Best Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8036171074