Analisis buku ajar fisika SMA kelas XI berdasarkan pada komponen literasi era digital
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Ardianti, Kartika., Asrizal., Putra, A. 2018. Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Pillar of physics education, Vol 11. No 3, 2018, 169-176
Festiyed, Syakbaniah. 2008. Model Pembelajaran Integrsi E-Learning berbentuk CD Multimedia dengan pembelajaran Ber- orientasi Life Skill untuk Meningkatkan Proses Sains Fisika (Studi Eksperimen di SMPN 12 Padang).
UNESCO. (2004).“The Pluralityof Literacy and its Implications for Policies”.UNESCO Education Sector Position Paper. (p. 13). http://unesdoc. unesco. org.
Asrizal., Festiyed., Sumarmin, R. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Ke- las VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan Volume 1 | Nomor 1|Mei 2017, e-ISSN 2579-860X
Clay, M.M. 2001. Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portmouth: Heinemann. Daniela, Dimova. 2015. Towards the Problem of “Scientific Literacy” (results from a study). Jurnal Science and Education a New Dimen sion. Pedagogy and Psychology. 3 (XXVII)
Anonim. (2003). en Gauge 21st Century Skills For 21st Century Learners. Ncrel, Metiri Group.
Daniela, Dimova. 2015. Towards the Problem of “Scientific Literacy” (results from a study). Jurnal Science and Education a New Dimen sion. Pedagogy and Psychology. 3 (XXVII)
Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masya- rakat: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuat an Nilai. Bandung: Remaja Rosda- karya.
Utami, Budi. 2016. Scientific Literacy in ScienceLesson. Jurnal Prosiding ICTTE FKIP UNS 2015 (Vol.1no1).
Yulia, E. Asrizal. Ramli. 2018. Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang Dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Phillar of Physics Education, Vol 11. No 2, Oktober 2018, 113-120.
Hasugian, J. 2008. Urgensi Literasi Informa- si dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaka: Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.
Kurnianingsih, I., et.al. 2017. Upaya Pening- katan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76. https:// doi.org/10.22146/jpkm.25370
Anggraini, S, Budaya Literasi Dalam Komu- nikasi”. WACANA, XV (3), 181–279, 2016.
Hobbs,R.2017. Createto Learn: Introduction to Digital Literacy. John Wileyand Sons, Inc. Publisher. Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi In- formasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masya- rakat, 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/ jpkm.25370
Asrizal., Amran, A., Ananda, A., Festiyed., & Khairani, S. (2018). Effectiveness of Integrated Science Instructional Material on Pressure In Daily Life Theme To Improve Digital Age Literacy Of Students. Journal ofPhysics: Conference Series 1006 (2018)
Tarigan, H. G. & D.Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.
Festiyed, Djamas, D., & Pilendia, D. 2018. Implementation Authentic Task to Enhance Problem Solving and Self- Management for Physics College Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335, 012068. https://doi.org/10.1088/1757- 899X/335/1/012068
Firduasy, A., Asrizal., Putra, A. 2018. Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Kelas VII SMPN 13 Padang. Physics Education, Vol 11. No 3, 2018, 33-40
Alkali, Y.E. & Amichai-Hamburger, Y, Experimentsin Digital Literacy. Cyber Psychology & Behavior.Vol.: 7 Issue4 : Mary Ann Liebert, Inc. Publisher. http://doi.org/10. 1089/cpb.2004.7.421, 2004.
Sugiyono, S. 2017. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfa beta
Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendi- dikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Gurria, Angel. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know.Prog- ramme for International Students Assessment, OECD.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/7744171074