Implementasi strategi kolaboratif terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa di kelas X SMA
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rachmawati, Ryna. 2012. Perbedaan Antara Collaborative Learning dan Cooperative Learning. [Online] http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal/113perbedaanantaracollabarativelearningdancooperativelearning.
Hosnan. 2004. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Dewi, et al. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL EDUKASI UNEJ 2016, III (2): 29-33
Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 7-55.
Mahmudi, Ali. 2008. Pembelajaran Kolaboratif. Dipresentasikan dalam Seminar nasional MIPA 2006 dengan tema “Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan" yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA UNY, Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 2006
Suryani, N. (2010). Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, (2): 1-23.
Anderson Lorin W.&Krathwohl David R. (2014). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (terjemahan). Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Widjajanti, Djamilah, B. 2008. Startegi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Anfa, Qurrotul. 2016. Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Siswa Collaborative Learing materi Ekologi untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains SIswa Kelas X SMA. Surabaya : FMIPA Uiversitas Negeri Surabaya.
Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja.
Kunandar, K. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta
Herlanti, Yanti. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. UIN Syarif Hidayatullah:Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Surapranata sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Realibilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Rosda: Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/7587171074