Hasil validasi LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi fluida statis dan fluida dinamis kelas XI SMA/MA
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah S, Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Z. 2017. "Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Abad 21". The Original Research of Mathematics, 1, 92-100.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Giancoli, D, C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Halliday, D. 2010. Fisika Dasar Edisi 7 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kanginan, M. 2013. Fisika SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kenneth, & Heller, P. 2010. Cooperative Problem Solving in Physics A User's Manual. U.S: University of Minnesota.
McCormick, C., & Raines, J. 2015. "Engaging Students in Critical Thinking and Problem Solving : A Brief Review of The Literature". Jurnal of Studies in Education.
Mohamad, N. &. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.
Prastowo, A. (2011). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalm Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyaningkarti, L. 2016. "Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Prestasi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar". Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(2), 3.
Sunardi, Retno.P, P., & B. Darmawan, A. 2017. Fisika Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Bandung: Yrama Widya.
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Supriyono, K. H. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zulhilyah. 2013. "Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPS". Universitas Pendidikan Indonesia, 2.
Utami, Budi. 2016. Scientific Literacy in science lesson. (1). Jurnal prosiding ICTTE FKIP UNS. Hlm. 125-133.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/7100171074