Pengujian validasi bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar, elastisitas dan hukum Hooke
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Wijaya, E. Y. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global.Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X
BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.Retrieved from Laporan BSNP tahun 2010.
Aprilia, I. 2017. Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Baca Siswa di SDN 2 Limpakuwus.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Suhardi, Didik dkk. 2017. Gerakan Literasi Nasional.Jakarta : Kemendikbud.
Siswanto. 2018. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah menengah atas.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Sawitri, Yolly., Asrizal., Kamus, Zulhendri dan Afrizon, Renol. 2019. Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetesi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Pillar of Physics Eduation, Vol 12. No 1, 105-112
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Dewi, Wahyuni. S dan Afrizon, Renol.2018. Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan. Volume 2. No. 1, e-ISSN 2579-860X
Afrizon, R., Dwiridal, Letmi. 2017. Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), Volume 1. No 2, e-ISSN 279-860X
Abidin, Yunus. Dkk. 2017.Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.
OECD. 2015. PISA 2015 Draft Mathematics Frame work. New York: Columbia University.
Turiman, P., Omar, J., Daud, AM., Osman, K. 2011. Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills.Elsevier. Vol (59), 112
Marjan, J., Arnyana, P, I.B., Setiawan, N, I.G.A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pende-katan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.Program Studi IPA, Vol. 4 Tahun 2014. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Utami, B. 2016. Scientific Literacy In Science Lesson. 1 (1).Jurnal Prosiding ICTTE FKIP UNS. Hlm. 125-133.
OECD. 2017. PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science, Preliminary Version. Paris: OECD Publishing.
Hayati, N., Asrizal, Kamus, Z dan Afrizon, R. 2019. Dampak Buku Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang.Pillar of Physics Eduation, Vol 12. No 1, 185-192
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2008 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarni, Erna. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi).ISSN 2442-9805.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/6959171074