Validasi lembar kerja siswa bermuatan literasi saintifik pada materi besaran - pengukuran dan vektor

Iin Cahyani -
Renol Afrizon -
Hidayati Hidayati -

Abstract


21 st abad memerlukan setiap manusia untuk dapat memperbarui terbaru untuk kecanggihan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM). PADA 21 st Abad, Sumber Daya Manusia Yang kompeten diperlukan. Pemerintah Indonesia menciptakan kurikulum 2013 untuk menjawab resolusi 21 st pendidikan abad. Selain itu, pemerintah juga mengintegrasikan literasi ke dalam pembelajaran. Kondisi nyata di sekolah menengah atas menunjukkan literasi siswa masih terbatas dan belum diterapkan dengan baik. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan lembar kerja siswa dengan literasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa literasi dan menentukan nilai validitas lembar kerja siswa dengan literasi. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Objek penelitian adalah lembar kerja siswa dengan literasi sains pada materi dan pengukuran dengan vektor. Instrumen untuk memvalidasi materi pembelajaran ini adalah lembar kuesioner. Instrumen untuk mengevaluasi validitas terdiri dari empat komponen, yaitu konten yang puas, presentasi, bahasa, dan grafik. The validator untuk review menilai validitas huruf literasi Beroperasi Fisik terdiri Dari Tiga dosen fisika. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif.     Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata lembar kerja siswa dengan validasi literasi ilmiah untuk komponen empat lembar kerja fisik adalah 85,03. Dengan demikian, nilai rata-rata validasi literasi ilmiah lembar kerja siswa dapat diverifikasi dalam kategori sangat baik 

Full Text:

Download PDF

References


Wijaya, E. Y. 2016. Transfromasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528- 259X

Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ). 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. BSNP

Nursurila, N., Darvina, Y., Hidayati., & Masril. 2018. Pembuatan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT Pada Materi Gelombang, Optik, dan Pemanasan Global Kelas XI SMA. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No.3,2018,193-200

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum (2013). Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Usman E,A,. Asrizal,. Dan kamus, Z. (2017). Pengembangan LKS IPA Terpadu Mengintegrasikan Literasi Saintifik pada materi Gerak dalam Kehidupan untuk siswa kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, Vol. 9 April 2017, 25-32

Siswanto. 2018. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA tahun 2018. Jakarta: Direltorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Afrizon, R., Dwiridal, L. 2017. Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Volume 1 Nomor 2.

Afrizon, R., Sari, S. Y., Fauzi, A. 2016. Analisis Kebutuhan Perancangan Perangkat Perkuliahan Fisika Statistik Berbasis KKNI Dengan Pendekatan Konstruktivis. Prosiding SEMIRATA Bidang MIPA 2016; BKS-PTN Barat, Palembang 22-24 Mei 2016 ISBN; 978-602-71798-1-3

Dewi, W. S., Afrizon,R. 2018. Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal EksaktaPendidikan (JEP) Volume 2 Nomor 1.

Daryanto, dan Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PBH, Bahan Ajar). Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Jendera Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Abidin, Y., Mulyati, T., Yunansah, H. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara

NCREL. 2003. Engauge 21st Century Skills : Literacy in The Digital Age. US : NCREL and Metiri Group.

OECD.2006. Science Competencies for Tomorrow’s World. I : Analysis. USA : OECD-PISA

Utami,Budi. 2016. Scientific literacy in science lesson. (1).Jurnal Prosiding ICTTE FKIP UNS . Hlm. 125-133

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. 2018. The Development of Intregated Science Instructional Materials to Improve Students’ Digital Literacy in Scientific Approach. JPII 7 (4) (2018) 442-450

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung :Alfabeta

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Vol (3). Jurnal Kreano.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika ( Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis) . Bandung: Alfabeta.

Angela, M., Masril., Darvina, Y. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai Karakter Pada Materi Usaha dan Momentum Untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol.1. April 2013,63-70




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/6950171074