Analisis validasi bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi alat-alat optik dan pemanasan global
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Aabad XXI. BSNP
NCREL. 2003. Engauge 21st Century Skills : Literacy in The Digital Age. US : NCREL and Metiri Group.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Afrizon, R., Sari, S. Y., Fauzi, A. 2016. Analisis Kebutuhan Perancangan Perangkat Perkuliahan Fisika Statistika Berbasis KKNI Dengan Pendekatan Kontruktivis. Prosiding SEMIRATA Bidang MIPA 2016; BKS-PTN Barat, Palembang 22-24 Mei 2016 ISBN: 978-602-71798-1-3
Oktisa, M., Hidayati., Razi, F. 2015. Pembuatan Bahan Ajar Dalam Bentuk Brosur Menggunakan Mind Map Untuk Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Padang. Pillar of physycs education, Vol. 6. Oktober 2015. 129-136.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Departemment Pendidikan Nasional.
Majid, Abdul 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Afrizon, R., Sari, S. Y. 2018. Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) Volume 2 Nomor 1. Mei 2018. e-ISSN 2579-860X. p-ISSN 2614-1221
Novili, W., Utari,S., Saepuzaman, D., Karim S. 2017. “Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 8 No. 1 – April 2017, p57-63 p-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F
Organisation for Economic Coorperation and Development (OECD). 2018. PISA For Development Assessment and Analytical Framework Reading, Mathematics and Science.
Utami, Budi. 2016. Scientific Literacy in science lesson. (1). Jurnal prosiding ICTTE FKIP UNS. Hlm. 125-133.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Afabeta.
Afrizon, R., Driwidal, D. 2017. Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) Volume 1 Nomor 2.
Tiarasari, W., Akmam, A., Kamus, Z. 2018. Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar Mengintegrasikan STL (Sains, Teknologi dan Lingkungan) pada Edmodo Materi Fluida Statik dan Dinamik Kelas XI SMA. Pillar of physycs education, Vol. 11. No 3, 2018, 185-192.
Riduwan, dan Sunarto. 2012. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/6947171074