Efek penggunaan LKS IPA tema pemenfaatan tekanan mengintegrasikan literasi saintifik pada kompetensi siswa kelas VIII SMPN 31 Padang
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Subandiyah, H. 2017. Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra, 2(1).
Anwar, R. 2014. Hal-Hal Yang Mendasari Pe nerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106.
Afrizon, R., & Dwiridal, L. 2017. Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Lokal Budaya Sumatera Barat. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 9-16.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., Sumarmin, R. 2018. The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Students Digital Literacy in Scien tific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indo nesia, 7(4), 442-450.
Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbim bing untuk Pembelajaran Fluida Statis di SMAN 1 Kotaagung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2).
Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. 2017. Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Sma Me lalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan Universi tas Negeri Malang, 21(2).
Winarni, S. 2013. Integrasi Pendidikan Karak ter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Ka rakter, (1).
Fogarty, R. 1991. Ten Ways To Integrate Cu rriculum. Educational leadership, 49(2), 61-65.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Imple mentasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Rema ja Rosdakarya.
Suherman, E. 2008. Model belajar dan pem belajaran berorientasi kompetensi siswa. Edu care, 5(2).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantita tif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suryani & Hendriyadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Menejemen dan Ekomomi Islam. Jakarta: Kencana.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. 2017. Strate gi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Ka rakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manaje men, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidi kan), 2(2).
Asmawati, E. Y. 2015. Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1-15.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Khairani, S. 2018. Effectiveness Of Integrated Science Instructional Material On Pressure In Daily Life Theme To Improve Digital Age Literacy Of Students. IOP Conferences Series: Journal of Physics: Vol (1006). Conference (1).
Afrizon, R., Hidayati, H., Anshari, R., 2007,” Analisis Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisi ka Terkait Pentingnya Pembelajaran Fisika Bermakna Yang Menerapkan Unsur Kearifan Lokal Sumatera Barat”, dalam Prosiding Semirata 2017 Bidang Mipa Bks-Ptn Wilayah Barat, (12-14 Mei 2017, Jambi, Indonesia), Universitas Jambi, 1214-1222.
Salirawati, D. 2006. “Penyusunan dan Kegu naan LKS dalam Proses Pembelajaran”. Maka lah dipresentasikan pada Kegiatan Pengab dian Masyarakat, UNY Yogyakarta.
Utami, B., Saputro, S., & Masykuri, M. 2016, “Scientific Literacy In Science Lesson”. Pro ceeding of International Conference on Tea cher Training and Education, (Januari),l(1).
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., 2019. Effects Of Science Student Worksheet Of Motion In Daily Life Theme In Adaptive Contextual Teaching Model On Academic Achievement Of Students. IOP Conferences Series: Journal of Physics: Vol (1185). Conference (1).
Angjelina, P., Asrizal, A. 2019. Efek LKS IPA Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kese hatan Pencernaan Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Pillar Of Physics Education, 12(1), 193-200.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/6614171074