Studi komparasi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema pemanfaaatan tekanan kelas VIII SMPN 31 Padang
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A. and Khairani, S., 2018, April. Effectiveness of Integrated Science Instructional Material On Pressure In Daily Life Theme To Improve Digital Age Literacy of Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, No. 1, p. 012031). IOP Publishing.
Nurdyansyah, N., 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhamma diyah Sidoarjo.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Re maja Rosdakarya.
Yuliati, Y., 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pen das, 3(2).
Asrizal, A., Sumarmin, R. And Gustiya, T., 2014, “Hasil Validasi Bahan Ajar ICT Sains Terpadu Model Terhubung Mengintegrasikan Nilai Karakter Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII”, dalam Semirata bidang MIPA BKS-PTN-Barat. Prosiding Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang MIPA 2014, (9-11 Mei 2014, Baranangsiang, Bogor), IPB, 2014, 209-219.
OECD. 2001. Knowledge and Skills for Life First Result from PISA 2000. OECD Publi shing. Paris-France.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F. and Sumarmin, R., 2018. The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Students’ Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), pp.442-450.
Suragangga, I.M.N., 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), pp.154-163.
Asyhari, A., 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pen didikan Fisika Al-Biruni, 4(2), pp.179-191.
Nurdyansyah, N., 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhamma diyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, N., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muham madiyah Sidoarjo.
Fadlillah, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.
Asrizal, A., Festiyed, F. and Sumarmin, R., 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), pp.1-8.
Asyhari, A. and Silvia, H., 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), pp.1-13.
Khairani, S., Asrizal, A. and Amir, H., 2017. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10(1).
Sugiono, S. 2017. Metode Penelitian Kuantit atif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfa beta.
Liana, L., 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Mo derating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Dinamik, 14(2).
Pantow, M.S.R., Murni, S. and Trang, I., 2015. Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Tercatat di Indeks LQ 45. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).
Agusta, L., 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Agora, 1(3), pp.1399-1408.
Nurrofi, A., 2012. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Departemen Produksi PT. Leo Agung Raya Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 3(1).
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A. 2018, December. Development of Adaptive Contex tual Teaching Model of Integrated Science To Improve Digital Age Literacy On Grade VIII Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1116, No. 3, p. 032004). IOP Publishing.
Ardianto, D. and Rubini, B., 2016. Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Education Journal, 5(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/6567171074