Pengaruh penerapan LKS laboratorium virtual melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
UU No. 20 pasal 3 tahun 2003
Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Tabany, T. I. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Suparno, Paul., SJ. 2013. Metodologi
Pembelajaran Fisika Konstruktivistik &
Menyenangakan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Wahyudin. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Pendidikan Fisika Indonesia, 59.
Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.
Mulyasa. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Bandung: Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kristianingsih, D. 2010. “Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP”. Jurnal Pendidikan …, 6(1), 10–13.
Asrizal, Arnel Hendri, Hidayati, Festiyed. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI”.Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, 20 November 2018.
Hermansyah. 2015. “Pengaruh Penggunaan
Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang”. Pendidikan Fisika dan Teknologi, 97-98.
Masril, Hidayati, Yenni Darvina. 2018.
“Analisis Uji Validitas dan Praktikalitas
Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Virtual Laboratory Untuk Mata Pelajaran Fisika SMA”. Prosiding Makalah Seminar Nasional di USU Medan tanggal 4-6 Mei 2018.
Özmen, H., & Yildrim, N. 2005. “Effect of Work Sheets on Student ’ S Success : Acids and Bases Sample”. Journal of Turkish Science Education, 2(2), 2–5.
Lee, C.-D. 2014. “Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of
Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison”. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(2), 96– 106.
Saregar, A. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan Lkm Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R And D. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Ketiga. Jakarta: Kencan.
Kemendikbud. (2016). Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rozi Prima Yenni, Masril, Hidayati. 2016. “Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui ICT Dalam Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA N 1 Padang”. Pillar Of Physics Education, 01-08.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/5639171074