Perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan kelas VIII SMPN 17 Padang
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Yuliati, Y. 2017. “Literasi Sains dalam Pembela ran IPA”. Jurnal Cakrawala Pendas, (Vol. 3), 21-28.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implemen Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fadlillah, F. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., Sumarmin, R. 2018. The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Student’s Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Vol. 7), 442-450.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., Khairani, S. 2018. Effectiveness of Integrat ed Science Instructional Material on Pressu re in Daily Life Theme to Improve Digital Age Literacy of Students. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1006.
Amelia, O.T., Yurnetti, Y., Asrizal, A. 2013. “Pembuatan LKS Fisika Berbasis ICT de ngan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Kelas X Semester 2”. Pillar of Physics Education, (Vol. 2), 89-96.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Ba han Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Mana jemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Septiani, T., Zulhendri, K., Asrizal, A. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstu al Adaptif pada Tema Kesehatan Pencerna an Terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang ”. Jurnal Pillar of Physics Education, (Vol.11), 17-24.
Daryanto, D. 2014. Pendekatan Pembelajaran Sain tifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Firdausy, A., Asrizal, A., Putra, A., 2018.”Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Kelas VIII SMPN 13 Padang”. Pillar of Physics Educati on, (Vol. 11), 33-40.
Musfiqon, M dan Nurdyansyah, N. 2015. Pende katan Pembelajaran Saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, (Vol.5), 120-122.
NCREL and Metiri Group. 2003. Engauge 21st Century Skills: Literacy in The Digital Age. US: NCREL dan Metiri Group.
Prasetya, T.I, 2012. “Meningkatkan Keterampil an Menyusun Instrumen Hasil Belajar Ber basis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Magelang”. Journal of Educati onal Reseach and Evaluation, (Vol. 2), 107-112.
Utami, B. 2016. Scientific Literacy in Science Lesson. Jurnal Prosiding ICTTE FKIP UNS. Hal. 125-133.
Asfalini, A., Kurniawan, D.A., Sumaryanti, S. 2018. “Sikap Siswa terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Kabupaten Batanghari”. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, (Vol. 3), 59-64.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pres.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Margiastuti, S. N., Parmin, P., Pamelasari, S. D. 2015. “Penerapan Model Guided Inquiry terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep pada Tema Ekosistem”. Unnes Science Education Journal, (Vol. 4), 1041-1048.
Trianto, T. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., Zelda, B. 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelaja ran Fisika SMA”. Prosiding Seminar Nasio nal Fisika (E-Journal), (Vol. 5).
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/5034171074