Dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang
Abstract
Full Text:
Download PDFReferences
Adawiyah, R,. Wisudawati, A.W. Pengem bangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains: Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. IJCETS. Vol 5 (2), 113
Kusuma, D. 2018. Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. Volume 1 (1), 14-16.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terp du. Jakarta: Bumi Aksara, 38
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media, 82-106
Listyawati, M. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education. Vol 1 (1), 62
Hasanah, U., Dewi, N.R., Parmin. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas pada Tema Energi. Unnes Science Education Journal. Vol 2 (2), 296
Turiman, P., Omar, J., Daud, AM., Osman, K. 2011. Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Elsevier. Vol (59), 112
Utami, B. 2016. Scientific literacy in science lesson. (1) Jurnal prosiding ICTTE FKIP UNS,125-133.
Putri, A,. Asrizal, A., dan Dwiridal, L. 2017. Pe ngembangan LKS IPA Terpadu Kontekstual Bermuatan Literasi Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pilar of Physics Education.Vol (10), 89-96.
Budiningsih, T.Y. 2015. Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi.Unnes Science Education Journal. Vol 2(1), 189
Yusuf, A. M. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana , 181
Anwar, H. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. Vol 2 Nomor 5. Gorontalo: Universitas Gorontalo
Asfiah, N., Mosik., Purwantoyo, E. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Konteks tual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal. Vol 2 (1). Hlm 189
Afrizon, R., Dwiridal, L. 2017. Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kajian Konsep Fisika Pada Arsitektur Kearifan Local Budaya Sumatera Barat. Jurnal eksakta pendidikan. Volume 1 Nomor 2, 10
Asrizal, A., Amran, A., Ananda et al. 2018. Effectiveness of Adaptive Contextual Learning Model of Integrated Science by Integrating Digital Age Literacy on Grade VIII Student. Jurnal IOP Conferences Series: Materials Science and Engineering. Vol (335). Conference (1)
Sugiono.2012. Metode Penelitian Kuanti tatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta, 77
Djamas, D. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika. Padang: UNP. Hlm 81-82
Sudjana, S. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Asrizal., Amaran, A., Ananda, A., Festiyed. 2018. Development Of Adaptive Contextual Teaching Model Of Integrated Science To Improve Digital Age Literacy On Grade VIII Students. Journal of Physics:. doi:10.1088/ 1742-6596/1116/3/032004
Anamunamita, R., Asrizal., Kamus, Z. 2018. Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Pillar of Physics Education. Vol (11) No. 3, 87
Afrizon, R., Ratnawulan,. Fauzi, A. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.
Nirnawati. 2015. Pengembangan Buku Ajar Menulis Nonsastra Berdasarkan Strategi Raft (Role Audience Format Topic) Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UNY.
Asrizal, A., Festiyed, F., Sumarmin, R. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Ligital Untuk Pembelajran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan. Volume 1 No 1, 1
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/4935171074