Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pelajaran Momentum dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Widya Johan - Universitas Negeri Padang
Hufri Hufri - Universitas Negeri Padang

Abstract


 

This study aims to determine the value of the validity of constructivist-based physics teaching materials in inquiry learning. The type of research used is research and development (R & D). To achieve this goal, research (R & D) consists of: potential problems, data collection, product design, design validation, product testing, and product revision. The instrument used is a validation sheet that has been validated by experts. Based on the results of validation by experts, the instrument used is having an average value of 90.83 with valid criteria.

Based on the data analyzed there are research results, namely the average value of validity of constructivist based physics teaching materials in inquiry learning by experts with an average value of 82.3 and have very valid criteria. It can be concluded that physics-based teaching materials are constructivist in incuri learning in momentum subject matter and simple harmonic vibrations are very valid for use in physics learning in tenth grade on the second terms.

Full Text:

Download PDF

References


Permendikbud no 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 SMA/MA

PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Ramadhani, Dini. 2017.Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Di Kecamatan Langsa Lama

Moma, La. 2015. “Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP”. Journal Matematika dan Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Pattimura Ambon. Vol 4

Amtiningsih, Septi, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Vol. 13. No. 1. 868- 872

Rahayu, Susanto, Julianti. 2011. “Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemempuan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (2011): 106-110.

Husen, Hastuti Dwi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.Vol. 3 no.2 . 367-372

Trisna Mona, Hufri, Harman Amir 2018. “Validasi Modul Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pelajaran Hukum Newton Tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Pillar of physic education. Vol 11. No 2

Wahyuni Risky, Hufri. 2018. “Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Usaha dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif ”. Pillar Physic of education. Vol 11. No 2

Deswita Desi, Hufri. 2018. “Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi untu Meningkatkan Literasi Sains”. Pillar of physic education. Vol 11. No 2.

Sanjaya, Wina.2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan pertama, Jakarta:Kencana Prenada Media Grup.

Meidawati, Yenny. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Tebimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPDirektorat Pembinaan SMA. Vol 1 No. 2 .1-10

Aslinda Nira, Hufri, Harman Amir. 2017. Design LKPD Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Teori Kinetik Gas dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA. Pillar of physics Education, Vol. 10, 57-64

Novia Rahmi, Hufri, Letmi Dwiridal 2017. Pengembangan LKPD Berorientasi Inkuiri Terbimbinga pada Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan untuk Siswa SMA Kelas X. Pillar of physics Education, Vol. 10, 97-104

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/4381171074