Meta-Analysis: The Effect of Using Digital Physics Teaching Materials on Improving 21st Century Skills
Abstract
Full Text:
PDFReferences
M. R. Nurcahyono dan R. Kustijono, “Keefektifan Penggunaan E-book untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA,” Pros. Semin. Nas. …, no. c, hal. 33–38, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/102
I. W. Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, 2019.
Y. D. Anggreni, G. Fisika, S. Barat, D. Fisika, dan U. N. Padang, “Pengembangan E-book Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Pembelajaran Fisika SMA,” vol. 6, no. November, 2022.
E. A. Usman, M. T. Cahyati, Y. A. Putri, dan Asrizal, “Meta Analisis Pengaruh Penerapan Model Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran Fisika untuk Menjawab Tantangan Kurikulum 2013 pada Abad 21,” Pillar Phys. Educ., vol. 12, no. 4, hal. 873–880, 2019.
R. Rosida, N. Fadiawati, dan T. Jalmo, “Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 1, 2017.
Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013,” hal. 2013–2015, 2013.
Triyanto, E. Noviyanti, dan S. Aisyah, “Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Salaka, vol. 2, no. 1, hal. 62–65, 2020.
Yuberti, “Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan,” in AURA, Bandar Lampung, 2014.
I. M. Sadjati, Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka, 2012. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
R. S. Pertiwi, Abdurrahman, dan U. Rosidin, “Efektivitas lks STEM untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 2, hal. 11–19, 2017.
D. Wahyuni dan M. Sari, “Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Efektifitas e-Modul Berbasis Problem SolvingTerhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik,” vol. 6, no. 2, hal. 2477–6181, 2020.
Kemdikbud., “Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.,” Kemdikbud., vol. 1, no. 2, hal. 58–72, 2013, [Daring]. Tersedia pada: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf
A. K. Wardani, I. Sucahyo, dan M. Anggaryani, “Tinjauan Ulang Materi Ajar Gerak Lurus Beraturan Melalui Percobaan Gravity Current Review on Uniform Motion Through,” J. Pendidik. Fis. Indones. (Indonesian J. Phys. Educ., vol. 10, no. 1, hal. 113–122, 2014.
M. W. Liliawati, “Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 16, no. 2, hal. 93, 2011, doi: 10.18269/jpmipa.v16i2.227.
S. Y. Sari, F. R. Rahim, P. D. Sundari, dan F. Aulia, “The Importance of E-Books in Improving Students’ Skills in Physics Learning in The 21st Century: A Literature Review,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2309, no. 1, hal. 012061, 2022, doi: 10.1088/1742-6596/2309/1/012061.
K. Becker dan K. Park, “Effects of Integrative Approaches Among Science , Technology , Engineering , and Mathematics ( STEM ) Subjects on Students ’ Learning : A Preliminary Meta-Analysis,” vol. 12, no. 5, hal. 23–37, 2011.
T. A. Santosa, “Journal of Digital Learning and Education Meta-Analisis : Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM pada Pembelajaran Ekologi,” vol. 01, no. 1, hal. 1–9, 2021, doi: 10.52562/jdle.v1i01.24.
S. H. Santoso dan M. Mosik, “Unnes Physics Education Journal Kefektifan LKS Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering and Mathematic ) untuk,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 3, hal. 248–253, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35622
Y. A. Putri dan Y. Yohandri, “Pengaruh Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan CTL Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, hal. 1–8, 2021, doi: 10.24036/jppf.v7i1.111849.
T. Shavira, C. Ertikanto, dan A. Suyatna, “Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton Gravitasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, hal. 143, 2019, doi: 10.24127/jpf.v7i2.1429.
R. Y. D. Christi, J. Handhika, dan Andista Candra Yusro, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Oasis Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Rice,” RADIASI J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 13, no. 2, hal. 76–83, 2020.
A. Z. Z. Mubarok, I. Ismet, dan K. Kistiono, “Pengembangan Modul Elektronik Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hukum Newton,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, hal. 87, 2022, doi: 10.20527/jipf.v6i1.4743.
Kholishah, J. Handhika, dan A. C. Yusro, “Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis OASIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif,” Semin. Nas. Pendidik. VI 2020, hal. 1–5, 2020.
M. T. Cahyati dan Y. Yohandri, “Efektivitas Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, hal. 46–53, 2021, doi: 10.24036/jppf.v7i1.111850.
D. I. Nurhayati, D. Yulianti, dan B. N. Mindyarto, “Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 2, hal. 218, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej%0ABahan
A. Suyatna, V. Viyanti, dan S. Sari, “Dynamic Fluid E-Module with STEM Approach to Stimulate HOTS of High School Students in Distance Learning,” J. Pendidik. MIPA, vol. 21, no. 2, hal. 132–145, 2020, doi: 10.23960/jpmipa/v21i2.pp132-145.
D. F. Zulaikha, U. N. Yogyakarta, W. Sunu, B. Dwandaru, dan U. N. Yogyakarta, “Problem-Based Multimedia E-books: The Effect on Students Creative Thinking Skills in Physics Course,” no. September, 2022, doi: 10.17758/dirpub11.dir0522407.
R. P. Artiwi, Asrizal, Desnita, dan Y. Darvina, “Pengaruh E-Book Pengayaan Fisika disertai Tugas Berita dan Fakta Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang,” vol. 13, no. 2, hal. 289–296, 2020.
A. Aprilia, Y. Darvina, M. Murtiani, dan W. S. Dewi, “the Effect From Application of Student Worksheet Based on Problem Solving in Achieving Student’S Critical Thinking Skills on Kinetic Theory of Gases and Thermodynamics,” Pillar Phys. Educ., vol. 15, no. 1, hal. 57, 2022, doi: 10.24036/12681171074.
S. A. Wijaya dan Jumadi, “Developing Kvisoft Flipbook Maker-Based Physics E-Module to Build on Critical Thinking Skills of Senior High School Students,” Proc. 6th Int. Semin. Sci. Educ. (ISSE 2020), vol. 541, no. Isse 2020, hal. 515–521, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210326.074.
R. Sujanem, I. Nyoman Putu Suwindra, dan I. Suswandi, “The Effectiveness of Problem-Based Interactive Physics E-Module on High School Students’ Critical Thinking,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1503, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1503/1/012025.
D. Desnita, F. Festiyed, F. Novitra, A. Ardiva, dan M. Y. Navis, “The Effectiveness of CTL-based Physics E-module on the Improvement of the Creative and Critical Thinking Skills of Senior High School Students,” TEM J., vol. 11, no. 2, hal. 802–810, 2022, doi: 10.18421/TEM112-38.
S. Rahayu, N. N. S. P. Verawati, dan A. F. Islamiah, “Effectiveness of Problem Based Learning Model with Worksheet Assisted on Students’ Critical Thinking Ability,” Lensa J. Kependidikan Fis., vol. 7, no. 2, hal. 51, 2019, doi: 10.33394/j-lkf.v7i2.2686.
Y. Marnah, Suharno, dan Sukarmin, “Development of Physics Module Based High Order Thinking Skill (HOTS) to Improve Student’s Critical Thinking,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2165, no. 1, 2022, doi: 10.1088/1742-6596/2165/1/012018.
R. Al Fath dan W. S. Dewi, “the Effect of Student Worksheets Based on Problem Solving on Students’ Critical Thinking Ability in Class Xi Sma on Dynamic Fluid Materials,” Pillar Phys. Educ., vol. 15, no. 2, hal. 146, 2022, doi: 10.24036/12888171074.
Y. A. Purwanto dan P. Suwasono, “Pengaruh Guided Inquiry Learning dengan LKS Berbasis TEQ Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA,” J. Ris. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, hal. 18–25, 2019.
Kemendikbud, “Permendikbud 54-2013 SKL,” 2013.
E. Ahdhianto, Y. D. Putra, M. A. Thohir, dan S. Mas’Ula, “Modul Vs E-Module,” Proc. - 2021 7th Int. Conf. Educ. Technol. ICET 2021, hal. 194–198, 2021, doi: 10.1109/ICET53279.2021.9575119.
K. Khotimah, I. D. P. Nyeneng, dan F. Sesunan, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Respon Bahan Ajar Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 3, 2017.
Depdiknas, “Teknik Penyusunan Modul,” 2008, hal. 1–14.
D. Kurniawan, A. Suyatna, dan W. Suana, “Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis,” J. Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 6, hal. 1–10, 2015, doi: 10.23887/jmt.v2i2.49946.
P. a. Facione, “Critical Thinking : What It Is and Why It Counts,” Insight Assess., no. ISBN 13: 978-1-891557-07-1., hal. 1–28, 2011, [Daring]. Tersedia pada: https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/14943171074