The Effect of STEM-Based Digital Teaching Materials on Light Wave Material on Student Learning Outcomes in Physics Learning
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adrianti, K., Asrizal, & Putra, A. (2018). Pengaruh bahan ajar IPA terpadu tema kesehatan pernapasan dan eksresi bermuatan literasi era digital terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Pillar of Physics Education, 11(3), 169–176.
Agustine, D., Wiyono, K., & Muslim, M. (2014). Pengembangan e-learning berbantuan virtual laboratory untuk mata kuliah praktikum fisika dasar ii di program studi pendidikan fisika fkip unsri. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 33–43.
Alperi, M. (2019). PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning Independence. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110.
Badri Munawar, Ade Farid Hasyim, M. M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker. Jurnal Golden Age, 04(2), 310–320.
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.
Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 93–103.
Dier, M., & Asrizal, A. (2022). Development of Ict-Based Worksheet on Stem-Integrated To Increase Knowledge, Data Literacy, and Technology Literacy of High School Students. Pillar of Physics Education, 15(3), 238.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186.
Islami, Monalisa Khaeruddin, A. A., Ihsan, N., & Yani, A. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Ddidk (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(April), 36–44.
Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114.
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89.
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87.
Lendri, A., & Asrizal. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Dan Hots Dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar of Physics Education, 12(2), 257–264.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161.
Mardhatilla, Z. M. (2021). Proceeding of Integrative Science Education Seminar. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1(65), 441–448.
Mardian, V., Asrizal, A., Akmam, A., Sari, S. Y., & Nurshanty, I. (2022). PRACTICALITY OF STEM INTEGRATED ELECTRONIC PHYSICS TEACHING MATERIALS ON ELASTICITY MATERIALS TO IMPROVE 21st CENTURY SKILLS OF STUDENTS. Pillar of Physics Education, 15(1), 1.
Muttaqin, M., Listiawati, M., Program Studi Pendidikan Biologi, M., Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, D., Pendidikan Biologi, P., & UIN Sunan Gunung Djati Bandung, F. (2016). PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Penelitian pada Siswa Kelas VII MTs N 2 Bandung).
Nana Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Prastyo, E. B., Islam, M. N., & Putra, A. K. (2021). Development of STEM-Based Population Mobility and Employment Digital Teaching Materials. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. alvabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. alfabeta.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59.
Syaifulloh, R. B., Jatmiko, B., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Pembelajaran Dengan Model Guided Discovery Dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Rizal Bagus Syaifulloh, Budi Jatmiko. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 174–179.
UnFitria, Y. (2022). Practicality of E-Learning Material Integrated Stem To Improve Senior High School Students ’ Learning Outcomes. 14(4), 307–314.
Yulia, E., Asrizal, & Ramli. (2018). Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang Dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Pillar of Physics Education, 11(2), 113–120.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/14903171074