CONTEXTUAL-BASED MODULE VALIDATION TEST INTEGRATING CREATIVE THINKING ABILITY IN STATIC FLUID MATERIALS, TEMPERATURE AND HEAT IN CLASS XI SMA/MA

Vira Savitri - Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia
- Hufri - Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia
- Akmam - Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia
Silvi Sari - Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia
Fanny Rahim - Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia

Abstract


Responding to the 21st century, among others, is necessary to develop creative thinking skills. However, students' creative thinking skills are still low, this is due to the lack of modules that can help students in their knowledge and develop creative thinking skills, including in physics subjects. In general, this researcher is producing a contextual-based physics module that integrates creative thinking skills. In this research, the type used is R&D with ADDIE design. The instruments are in the form of a validity test questionnaire sheet by the lecturer and a practicality test questionnaire sheet by the lecturer. Furthermore, the data were analyzed using statistics with a correlated t-test”. Based on the analyzed data, it shows that the physics module developed has a value of 84.80 and is in the valid category. The use of the module on static fluid and heat temperature values obtains practicality values of 88 and 92, respectively, both of which are in the practical category. The use of the tested module its effectiveness on high school students scored 30.33 at the pretest stage and 60.73 at the posttest stage. This increase indicates that the module is in the effective category.

Full Text:

PDF

References


Wahyuni R, Hufri. Validasi Bahan ajar fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Pembelajaran Usaha, Energi, Momentum, Impuls dan Tumbukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Pillar of physics education. Vol 11. No. 2. 2018.

Hufri. Analysis of basic electronics 2 textbook reviewed from the aspects of creative thinking in the physics Department of FMIPA UNP Padang. Padang: UNP. 2020

Chairani Y, Hufri. Analisis Validitas dan Praktikalitas Modul Fisika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Suhu, Kalor, dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Pillar of physics education. Vol 13. No. 3. 2020.

Armandita, Puspa dkk. Analisis Kemampuan berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 10(2). 2017.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2009.

Jumaidi. Pembelajaran Kontekstual Dan Implementasinya. Yogyakarta: UNY. 2003.

Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Anderson et al. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

S. Rahayu and Yulianti, “Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan berpikir Kreatif Siswa,” vol. 7, no. 106-110, 2011.

Afrinaldi, Hufri. Analisis Aspek Berpikir Kreatif Pada Materi Pengukuran, Vektor, dan Gerak Di Kelas X Semester 1 SMA. Padang: UNP. 2021.

Gemfly, Hufri. Analisis Aspek Berpikir Kreatif Pada Materi Hukum Newton, Usaha dan Energi, Impuls Momentum dan Gerak Harmonis Di Kelas X Semester 2 SMA. Padang: UNP. 2021.

Dola, Hufri. Analisis Materi Dinamika Rotasi, Titik Berat dan Kesetimbangan Benda Tegar serta Elastisitas dan Hukum Hooke yang Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif. Padang: UNP. 2021.

Kinasih, Ayang, dkk. Pengembangan Modul Fisika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas X SMA. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2018.

Anggoro, Bambang Sri. Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta didik. Lampung: UIN Raden Intan. 2015.

Hufri. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasiskan Kontekstual Pada Pembelajaran Quided Inquiry Untuk Kelas XI Sma/Ma. Padang: UNP. 2017.

Widarto. Pengembangan modul fisika berbasis CTL pada Fluida Statis dan Fluida dinamis untuk meningkatkan Prestasi Fisika SMA kelas XI IPA.Surakarta : Universitas Sebelas Maret. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan(Research And Development). Bandung : Alfabeta. 2017.

Sukmadinata, Syaodih Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.

Irani Silvi, Hufri. Validasi Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri dengan Pendekatan Saintik Pada Materi Usaha dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Pillar of physics education. Vol 11. No. 3. 2018.

Syahrani F, Hufri. Validasi Modul Elektronika Dasar Mengintegrasikan Creative Thinking Pada Materi Rangkaian Elektronika Menggunakan Transistor dan Aplikasinya. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. Vol 6. No. 2. 2020.

Triani F, Hufri. Validasi Modul Elektronika Dasar Mengintegrasikan Creative Thinking Pada Materi Rangkaian Dioda dan Aplikasinya. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. Vol 6. No. 2. 2020.

Arikunto, S. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/12487171074