META-ANALYSIS OF THE EFFECT OF APPLYING PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON PHYSICS LEARNING
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Mundilarto, & Helmiyanto, I. Effect of Problem Based Learning on Improvement Physics Achievement and Critical Thinking of Senior High School Student. Journal of Baltic Science Education. 16(5), 761-779.2017.
Liliasari. Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. Disajikan dalam Seminar Nasional IPA, di Universitas Negeri Semarang.2011.
Lindang, M. P., & Rappel, S. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Momentum dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi, 6(4), 29-36. 2018.
Siska, B., & Sondang, R. M. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 6(4), 70-76. 2018.
Rappel, S., Nora, F. S., & Elya, I. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P 2018/2019. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8 (1), 29-36. 2020.
Desi, P., Connie,. & Rosane M. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169-176. 2019.
Baiq, H, H., Hairunnisyah,S., & Hikmawati. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MA Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(1), 11-17. 2020.
Liza, Y., & Purwanto. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan T.P 2018/2019. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 8(3), 71-78. 2020.
John Barell. Problem Based Learning Second Edition. (Callifornia: Corwin Press a Sage Publications Company, 2007).
Febri, Y., Festiyed, & Enjoni. Problem Based Learning Model for Increasing Problem Solving Skills in Physics Learning. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 53-65. 2021..
Jill K. Jesson, Lydia Matheson dan Fiona M. Lacey. Doing Your Literature Revies Traditional and Systematic Techniques. (London: Sage Publication, 2011).
Lee, A, Becker. Effect Size (ES). 2000.
Retnawati, H. dan Ezi Apino. Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing. 2018.
Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications. London: Sage Publications. 1981.
Wulandari, Bekti. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2013.
Fadhilah Suralaga, Solicha. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2010.
Togi, T., Yolanda, B. D. S., & Epinta, Br. S. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas X MIA Semester II MAN Binjai. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 8(1), 77-83. 2020.
Nelly, C. L., & Mara, B. H. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas X MIA Semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), 7(2), 53-61. 2019.
Siska, B., & Sondang, R. M. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 6(4), 70-76. 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/12228171074