ANALYSIS OF USAGE OF 4C LEARNING SKILLS IN PHYSICS STUDENT WORKSHEETS CLASS XI SEMESTER 2 IN SOLOK DISTRICT AND CITY
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Putri, R. R., Asrizal, A., Desnita, D., & Sari, S. Y. (2019). Efek LKS IPA Bermuatan Keterampilan Belajar 4C Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Kita pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Pillar of Physics Education, 12(3)
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional
Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13).
Hartati, B. (2010). Pengembangan alat peraga gaya gesek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).
Ellizar, E., & Djamas, D. (2012). Analisis Motivasi dan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN Kota Padang.
Sagala, Y. D. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, & Communication (4C) Fisika Siswa di SMA (Doctoral dissertation, UNIMED).
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 184-191.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah al-Awlad, 8(2), 107-117.
Simanjuntak, M. P., Bukit, N., Sagala, Y. D. A., Putri, R. K., Utami, Z. L., & Motlan, M. (2019). Desain Pembelajaran berbasis Proyek Terhadap 4C. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(3).
Priyono, P., & Sinurat, J. Y. (2020). Communication Dan Collaboration Sebagai Implementasi 4C Dalam Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Research and Development Journal of Education, 6(2), 83-89.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda,A., Festiyed,F ., Sumarmin, R. (2018). The Development of Integrated Science Instructional Mate-rials to Improve Students Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Indonesia, Doi : 10. 15294/JPII. V7i4. 13613.
Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis SMA Negeri 3 Purworejo kelas X tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.
Fadhilah, S., Sari, S. Y., Darvina, Y., & Dewi, W. S. (2020). Analisis sajian LKS fisika kelas X semester 1 terkait komponen higher order thinking skills (HOTS). PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2).
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya kesimpulan
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Boslaugh, Sarah, and Paul Andrew Watters. 2008. Statistics In A Nutshell: A Desktop Quick Reference. Sebastopol, CA: O’Reilly Media.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta :Kencana.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Fisher, Alec. 2013. Berpikir Kritis SebuahPengantar. Jakarta: Erlangga
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/12169171074