CONSEPTUAL MODEL APPLICATION OF KNOWLEDGE DIMENSION COMPLEXITY AND COGNITIVE PROCESS LEVEL IN STATIC FLUID MATERIALS IN HIGH SCHOOL PHYSICS LEARNING
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Permedikbud, “Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.” Mentri Pendidikan Nasional, Jakarta, 2016.
L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, A taxonomy for learning, teaching and assessing : a revision of bloom’s taxonomy of educations of objectives. New York: Addison Wesley Longman, 2001.
M. A. Lubis, Pembelajaran Tematik SD/MI, Pertama. Jakarta: Kencana, 2020.
G. D. S. Rahayu, Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran, Pertama. Purwakarta: CV Tree Alea Jacta Pedagogie, 2020.
A. Putra, Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran Fisika. Padang: Sukabina Press, 2017.
D. Ramadani and A. B. Anomeisa, “Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smp Kelas Ix,” Vektor, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/vektor/article/view/72.
Koeswara and Dkk, “Pengembangan Handout Fluida Dinamik Terintegrasi Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa.,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 4, pp. 11–25, 2018.
R. Zani, A. Adlim, and R. Safitri, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 2, pp. 56–63, 2019, doi: 10.24815/jipi.v2i2.11622.
A. Putra, “Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kompleksitas Konten Dan Tingkatan Proses Kognitif Pada SMA Negeri Di Kota Padang,” Eksata, vol. 1, no. 16, pp. 53–62, 2015.
S. Fatmawati, “Perumusan tujuan pembelajaran dan soal kognitif berorientasi pada revisi taksonomi bloom dalam pembelajaran fisika,” Edu Sains J. Pendidik. Sains, vol. 1 No 2, p. 15, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.
H. Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/12127171074