Meta Analysis of The Influence of Problem Based Learning Models in High School Physics Students on Student Learning Outcomes
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Y. D. (2014). Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).
Junaidi, Syam. Asrizal, Zulhendri Kamu. 20-17. Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kompetensif Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XSMA Negeri 9 Padang. Pillar of Physics Education, Vol. 9
Putri, Artiwi Riolin. Asrizal, Desnita, Yenni Darvina. 2020. Pengaruh E-Book Pengayaan Fisika Disertai Tugas Berita Dan Fakta Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 12 Padang. Pillar of Physics Education, Vol 12
Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2016). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857-871.
Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 200-204.
Rusman. 2014. ‘’Pembelajaran Berbasis Masalah’’. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Universitas Pendidikan dan Teknologi Pendidikan. Edutech Tahun 13, Vol. 1, No 2
Ali, M., & Pasaribu, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 39-43.
Ismoyo, H. (2017). Effect Of Problem-Based Learning On Improvement Physics Achievement And Critical Thinking Of Senior High School Student. Journal of Baltic Science Education, 16(5).
Bilgin, I., Şenocak, E., & Sözbilir, M. (2009). The effects of problem-based learning instruction on university students’ performance of conceptual and quantitative problems in gas concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(2), 153-164.
Kurniawan, E. (2017). Pengaruh Model Pem-belajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(5), 128
Rahayu, S., & Juliani, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas X Semester II Di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran TA 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(1).
Rahmat, S. A., Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak di Kelas X SMA Negeri 6 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 16-21.
Ramadani, I. (2014). Pengaruh Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI di Sma N 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 4(2).
Derlina, D., & Sihotang, M. I. (2013). Pengruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optik Geometri Kelas X Sma St. Yoseph Medan. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).
Apriani, N., Ayub, S., & Hikmawati, H. (2016). pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x sman 2 praya tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pijar MIPA, 11(2).
Sari, A. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester II di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Tp 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).
DeCoster, J. (2004). Meta-analysis notes.
Demirel, D. Miray, D. 2016. Effect Of Problem Based Learning On Attidude A Meta Analisysis Study. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Education, 2016. 1293a
Ekasari, A., Diantoro, M., & Parno, P. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMAN 1 Gondang pada Materi Kalor dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 588-597.
Fahrunnisa, M. A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN13 MAKASSAR . Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia , 1-5.
Pabenteng, A., Fihrin, H., & Ali, H. M. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Desain Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(3), 35-39.
Pratiwi, S. A., Rokhmat, J., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 3(1).
Sinulingga2, H. S. (2016). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA SWASTA SINAR HUSNI. Pendidikan Fisika Vol.5 No.1 Juni 2016 , 5, 32-37.
Hidayah, S. N., Pujani, N. M., & Sujanem, R. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X MIPA 2 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 42-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/10318171074