PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK NISSAN GRAND LIVINA

Teguh Saputra Nasution - Universitas Negeri Padang
Tri Kurniawati - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: The objectives of this study are to: 1) Analyze the effect of product quality on customer satisfaction on Nissan Grand Livina Products. 2) Analyzing the effect of service quality on customer satisfaction on Nissan Grand Livina Products. 3) Analyzing the effect of product quality and quality of service simultaneously on customer satisfaction on Nissan Grand Livina Products. The type of method of this research is quantitative research methods. The population in this study is to customers who use the Nisaan Grand Livina product whose numbers are unknown. Sampling technique using accidental sampling is the determination of samples based on respondents who meet the criteria, namely those who use Nissan Grand Livina products. Furthermore, using the Cochran formula, so that a sample of 100 people is obtained.Data collection techniques using primary data in the form of questionnaires. For data analysis used multiple regression analysis using the SPSS program. The results showed that product quality and service quality had a significant effect on customer satisfaction.

Keyword:product quality, service quality and customer satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Cravens, David W. 2003. Pemasaran Strategis.Jilid 2. Edisi Keempat. Cetakan Kedua. Ahli Bahasa Lina Salim. Jakarta: Erlangga.

Fandy Tjiptono. (2012). Service Management Mewujudkan LayananPrima. Yogyakarta: Andi Offset.

Gujarati. 2012. Dasar – Dasar Ekonometrika. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Idris. 2014. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang: Fakultas Ekonomi UNP.

Irawan.2002. Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Jakarta: Erlangga.

Jessica, James, Decky. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA. Vol 2, No 3, September 2014.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran( Pendekatan Praktis Edisi. Lamb, dal. 2001. Pemasaran ( Marketing). Jakarta: Salemba Empat

Kotler. Keller. 2006. Marketing manajemen. Edisi 12. New jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip.2009. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Penegmbalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler. 2010. Kepuasan Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Kotler. 2012. Kualitas Produk. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Novianty, Iis. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. JIMF, Vol. 1, No. 02, February 2018.

Pratama, Y. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PO. Rosalia indah dipalur karanganyar dengan fasilitas sebagai variabel moderasi.Jurnal ekonomi dan kewirausahaan. Vol.15, April 2015.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2011. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik. Jakarta: Alfabeta.

Rondonuwu, P, D. 2013. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Mobil Nissan March Pada PT Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA. Vol 01, No 04, Desember 2013.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metedo Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto.2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.Yogyakarta: CAPS.

Susanto, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametik. Jakarta: PT. Elex Media Kumputindo.

Windarti, Tias. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu.Jom FISIP Vol 4, No. 02, Oktober 2017.

Titissari, A. 2017.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pelanggan PT Pos Indonesia. Kediri. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjiptono. 2008. Strategi kepuasan Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Widjoyo, Shandy. 2014. pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restorant Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 2, No 01, 2014

Weenas, J. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol 01, No 04, Desember 2013.

Yulyani, I. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji RIZ’S Chicken Kampung Baru UNILA. Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5667