PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Rizka Atikah - Universitas Negeri Padang

Abstract


The research aims to find out the influence of family environment and learning interest on the economics learning outcome of students grade X-XI SMAN, Koto Tangah district, Padang. The type of this research is descriptive and associative. The population of this study amounted to 1.195 people and the number of the samples is 90 people. The sampling technique is done by using Cluster Sampling with multi stage cluster sampling. The technique of data collection is by questionnaire. The data analysis used is descriptive analysis. Data analysis technique used is multiple linear regression. The result showed that there was a significant positive effect between family environment and learning interest on the economics learning outcome. Based on the results of the research to improve student learning outcomes in SMAN Koto Tangah district Padang, it is advisable for parents to improve good relationships with the students, therefore, the students feel comfortable and quiet during learning. For teachers it is expected to apply learning methods that make students become active and interested. For students the way of learning for further improvement is needed in order to get better learning outcomes than ever.

Keyword: family environment, learning interest, learning outcome

Full Text:

PDF

References


Kusnawati, Eti. 2014. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Tepadu di SMPN 2. Artikel Penelitian. Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016. Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Daerah Kota Padang. Nomor 5 Tahun 2011tentang Penyelenggaraan Pendidikan. 2011 diperbanyak oleh Pemerintah Kota Padang.

Putri, Kabela, dkk. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN 1907-9990, E-ISSN 2548-7175, Volume 11 Nomor 1. Universitas Jember.

Rahayu, Ice dan Yunia Wardi. Pengaruh Lingkungan Keluarga Sikap Belajar Ekonomi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMAN di Kota Bukittinggi. Artikel. UNP.

Ra’ufuatun, Inna. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 No 3 (2015) 1268-1276 ISSN (Print):1858-4985. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang.

Slameto 2010. Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi U.S, dkk. 2011. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif 2(1): 71-81 ISSN: 2088-351X. Pendidikan MIPA, Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI.

Widana, Ni Nyoman. 2016. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Volume: 7 Nomor: 2. Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.

Yunitasari, Utika Widi dan Ariyanto. 2016. Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. ISSN: 2528-4630. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusron, Muhammad. 2013. Pengaruh Cara Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Al-Irsyad Pekalongan Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, ISSN 2252-6544. FE Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4741