Strategi Bisnis Berkelanjutan Pada Usaha Kuliner di Samarinda (Studi Pada Ecologico Café)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustini, M. Y. D. H. (2019). GREEN MARKETING: The Context of Indonesia and Philippines. LAP LAMBERT Academic Publishing.
Badan Pusat Statistik. (2023). Februari 2023: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,45 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,94 juta rupiah per bulan.
Bryson, John. (2007). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Pustaka Pelajar.
Contributor, B. (2023). Green Marketing, Penerapan Prinsip Pemasaran Berkelanjutan dalam Bisnis. Bizhare, PT. Investasi Digital Nusantara. https://www.bizhare.id/media/bisnis/green-marketing#:~:text=Green marketing merupakan sebuah proses,secara permanen dan jangka panjang.
Damayanti, F., Supriyatin, T., & Supriyatin, T. (2020). Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 161–168. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4434
Ekonomi, D. B. (2023). Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan II Tahun 2023. Kementerian PPN/ Bappenas, 7(1).
Ginting, R. Karina., & Ekawati, N. W. (2016). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Terhadap Niat Membeli Produk Hijau Pada Merek “ATTACK” dengan Kepedulian Lingkungan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajeme, 5(4), 2223–2249.
Hasan, Z., & Azman, N. (2015). The impact of green marketing strategy on the firm ’ s performance in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 463–470. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.382
Hawari, F. (2016). Kajian Muatan Green Design Pada Dry Leaf Board. Jurnal Desain Interior, 1(2), 87–94.
Hendra., Yanti, Rinda., Nuvriasari, Audita., Harto, Budi., Puspitasari, K. A., Setiawan, Zunan., Susanto, Djaelani., Harsoyo, T. Desi., & Syarif, Rahmat. (2023). Green marketing for business (Efitra & Supriano, Eds.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayati, D. R., & Setiani. (2017). Faktor Pembeda Implementasi Bisnis Berkelanjutan (Sustainable Business) Pada Wirausaha Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 6(1), 44–51.
Jorgensen, Sveinung., & Pedersen, L. J. T. (2018). Restart Substainable Business Model Innovation. Palgrave Macmillan.
Jupri, A., Prabowo, A. J., Aprilianti, B. R., & Unnida, D. (2019). Pengelolaan Limbah Sampah Plastik Dengan Menggunakan Metode Ecobrick di Desa Pesanggrahan. Prosiding …, 1(September), 341–347.
Kaur, P., Talwar, S., Madanaguli, A., Srivastava, S., & Dhir, A. (2022). Corporate social responsibility ( CSR ) and hospitality sector : Charting new frontiers for restaurant businesses. 144(January), 1234–1248.
Kausar, D. R. K., Andriyanty, R., & Yunaz, H. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Ekowisata Yang Berkelanjutan. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 5(1), 30. https://doi.org/10.33021/jenv.v5i1.992
Long, T. B. (2019). Sustainable Business Strategies. In W. L. Filho, A. M. Azul, L. Brandli, P. G. Ozuyar, & Tony. Wall (Eds.), Encyclopedia of the UN Sustainable Development Goals: Decent Work and Economic Growth (pp. 1–11). Springer.
Lutviyani, A., Farkha, F., & Firdausi, H. (2022). Tinjauan Limbah Makanan Terhadap Lingkungan dalam Persepektif Islam dan Sains. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4(1), 49–53.
Mettler, A. (2023). Limbah Makanan di Restoran: Apa yang Kita Ketahui? Fourth Enterprises LLC. https://www.fourth.com/article/how-much-food-restaurants-waste
Mulyana, Eldi. (2019). Upaya Pemberdayaan Ekonomi, Sosial dan Budaya pada Masyarakat Melalui Pengembangan Bisnis Ekowisata. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(1), 38–43.
Pratiwi, F. Sulistya. (2023). Mayoritas Sampah di Indonesia dari Sisa Makanan pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/mayoritas-sampah-di-indonesia-dari-sisa-makanan-pada-2022
Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING ( Studi Terhadap Konsumen Starbucks ). 15(2), 69–74. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69
Sutrisno, W. (2014). Green Marketing dan Implikasinya Terhadap Sustainable Development di Era Globalisasi, Kajian Terhadap Strategi Pemasaran yang Berkelanjutan. Business & Management Journal, 11(2), 151–163.
Tiwari, S., Tripathi, D. M., Srivastava, U., & P.K., Y. (2011). Green Marketing - Emerging Dimensions. Journal of Business Excellence, 2(1), 18–23.
Yahya. (2022). PERAN GREEN MARKETING, GREEN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. JIMBis: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17–38.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v7i3.16192