Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Metode Triple Helix untuk Mendukung Program Revitalisasi Save Maninjau
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Batilmurik, R. W., & Lao, H. A. (2016). Pengembangan model ekonomi kreatif bagi masyarakat di daerah objek wisata bahari kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(3), 14-Halaman.
Daulay, Z. A. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1).
Dumilah, D. R., Komarudin, M., Ubaidillah, R., Siagian, S., & Santoso, S. (2021). Peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan industri pariwisata di seaworld ancol. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(2), 558-583.
El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.
Habib, M. A. F. (2021). Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 82-110.
Kardiman, Kusmayanto. 2006. Shaping ABG Innovation; Some Management Issues, Presentasi pada Penutupan MRC Doctoral Journey Management Pertama. Jakarta: MRS FEUI Meeting.
Kemenparekraf. 2021. Desa Wisata Sungai Batang. Diakses dari https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/sungai_batang tanggal 20 Oktober 2023
Komarudi, D. (2021). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata di Seaworld Ancol. Jurnal Master Pariwisata.
Kurniawati, T., Ritonga, M., Marna, J. E., Artati, Y., & Rahayu, W. P. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Smes Berbasis Android dengan Waterfall Method Sebagai Solusi Pemasaran dan Pengelolaan Usaha UMKM. Jurnal Ecogen, 4(4), 594-601.
Kurniawati, T., Afdal, Z., & Siwi, M. K. (2022, July). The Impact of Digital Entrepreneurship and Product Innovation on Business Sustainability of SMEs During Covid-19 Pandemic. In Eighth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA-8 2021) (pp. 574-578). Atlantis Press.
Liputan 6. Danau Maninjau 'Cantik dari Luar, Busuk di Dalam', Apa Solusinya?. 2020. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/4333115/danau-maninjau-cantik-dari-luar-busuk-di-dalam-apa-solusinya tanggal 2 Februari 2022
Pajriah, S. (2018). Peran sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.
Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(3), 17-25.
Murniati, D. E. (2009, November). Peran perguruan tinggi dalam triple helix sebagai upaya pengembangan industri kreatif. In Seminar Nasional Peran Pendidikan Kejuruan Dalam Pengembangan Industri Kreatif. Jurusan PTBB FT UNY (Vol. 21).
Padek. 2020. Keramba Merajalela Maninjau Sekarat, Buntut Kebijakan Setengah Hati. Diakses dari https://padek.jawapos.com/nasional/10/12/2021/keramba-meraja-lela-maninjau-sekarat-buntut-kebijakan-setengah-hati/ tanggal 2 Februari 2022.
Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2014 Kabupaten Agam tentang Pengelolaan Kelestarian Kawasan Danau Maninjau
Putra, T. (2017). Ekonomi Kreatif dan daya Tarik Objek Wisata. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 9(1), 36-44.
Republika. 2021. Menteri PPN Turun Tangan Selesaikan Masalah Danau Maninjau. 2021. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/qr97db349/menteri-ppn-turun-tangan-selesaikan-masalah-danau-maninjau tanggal 2 Februari 2022
Simarmata, H. M., & Panjaitan, N. J. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 2(2), 189-201.
Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital, 1(1).
Tetep, T., Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi pariwisata garut dalam mewujudkan ekonomi kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(2), 141-146.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i4.15488