Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Metode Triple Helix untuk Mendukung Program Revitalisasi Save Maninjau

Oknaryana Oknaryana - Universitas Negeri Padang, Padang, West Sumatera
Tri Kuniawati - Universitas Negeri Padang, Padang, West Sumatera
Dwi Pratiwi Wulandari - Universitas Negeri Padang, Padang, West Sumatera
Marwan Marwan - Universitas Negeri Padang, Padang, West Sumatera

Abstract


Maninjau Lake is a lake with enchanting natural beauty. But unfortunately this lake is polluted by the presence of floating net cages. For this reason, the government launched a Save Maninjau Revitalization Program. Another potential economic sector that can be developed in Lake Maninjau is the tourism sector as well as the creative economy. This article uses a descriptive approach to analyze creative economic development strategies in the tourist village in Maninjau, namely Nagari Sungai Batang. The triple helix approach explores the roles of government, universities and business people in developing their businesses. The results of this study are the profile of creative economy actors in Nagari Sungai Batang. Next, the role of the government, universities and creative economy business actors as a strategy to develop the creative economy sector in Sungai Batang Village

Full Text:

PDF

References


Batilmurik, R. W., & Lao, H. A. (2016). Pengembangan model ekonomi kreatif bagi masyarakat di daerah objek wisata bahari kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(3), 14-Halaman.

Daulay, Z. A. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1).

Dumilah, D. R., Komarudin, M., Ubaidillah, R., Siagian, S., & Santoso, S. (2021). Peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan industri pariwisata di seaworld ancol. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(2), 558-583.

El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 82-110.

Kardiman, Kusmayanto. 2006. Shaping ABG Innovation; Some Management Issues, Presentasi pada Penutupan MRC Doctoral Journey Management Pertama. Jakarta: MRS FEUI Meeting.

Kemenparekraf. 2021. Desa Wisata Sungai Batang. Diakses dari https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/sungai_batang tanggal 20 Oktober 2023

Komarudi, D. (2021). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata di Seaworld Ancol. Jurnal Master Pariwisata.

Kurniawati, T., Ritonga, M., Marna, J. E., Artati, Y., & Rahayu, W. P. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Smes Berbasis Android dengan Waterfall Method Sebagai Solusi Pemasaran dan Pengelolaan Usaha UMKM. Jurnal Ecogen, 4(4), 594-601.

Kurniawati, T., Afdal, Z., & Siwi, M. K. (2022, July). The Impact of Digital Entrepreneurship and Product Innovation on Business Sustainability of SMEs During Covid-19 Pandemic. In Eighth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA-8 2021) (pp. 574-578). Atlantis Press.

Liputan 6. Danau Maninjau 'Cantik dari Luar, Busuk di Dalam', Apa Solusinya?. 2020. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/4333115/danau-maninjau-cantik-dari-luar-busuk-di-dalam-apa-solusinya tanggal 2 Februari 2022

Pajriah, S. (2018). Peran sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.

Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(3), 17-25.

Murniati, D. E. (2009, November). Peran perguruan tinggi dalam triple helix sebagai upaya pengembangan industri kreatif. In Seminar Nasional Peran Pendidikan Kejuruan Dalam Pengembangan Industri Kreatif. Jurusan PTBB FT UNY (Vol. 21).

Padek. 2020. Keramba Merajalela Maninjau Sekarat, Buntut Kebijakan Setengah Hati. Diakses dari https://padek.jawapos.com/nasional/10/12/2021/keramba-meraja-lela-maninjau-sekarat-buntut-kebijakan-setengah-hati/ tanggal 2 Februari 2022.

Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2014 Kabupaten Agam tentang Pengelolaan Kelestarian Kawasan Danau Maninjau

Putra, T. (2017). Ekonomi Kreatif dan daya Tarik Objek Wisata. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 9(1), 36-44.

Republika. 2021. Menteri PPN Turun Tangan Selesaikan Masalah Danau Maninjau. 2021. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/qr97db349/menteri-ppn-turun-tangan-selesaikan-masalah-danau-maninjau tanggal 2 Februari 2022

Simarmata, H. M., & Panjaitan, N. J. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 2(2), 189-201.

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital, 1(1).

Tetep, T., Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi pariwisata garut dalam mewujudkan ekonomi kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(2), 141-146.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i4.15488