Kontribusi Perempuan sebagai Pengusaha Fashion dalam Implementasi Sustainable Fashion untuk Membangun Lingkungan yang Berkelanjutan

Cahya Kirani - UIN Sunan Kalijaga
Sedya Santosa - UIN Sunan Kalijaga

Abstract


Perempuan sebagai pengusaha fesyen mempunyai peran penting dalam penerapan fesyen berkelanjutan untuk membangun lingkungan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi perempuan sebagai pengusaha fesyen dalam penerapan fesyen berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus studi literatur dengan sumber data diperoleh dari Google Scholar, ScienceDirect, Sage Journal, dan sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan sebagai pengusaha fesyen: 1) memiliki peran antara lain dalam memilih bahan ramah lingkungan, menciptakan lapangan kerja yang adil, memperkuat kemandirian ekonomi perempuan, dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk fesyen berkelanjutan; 2) tantangan dan kendala yang mencakup terbatasnya akses terhadap keuangan dan sumber daya, kurangnya infrastruktur dan pelatihan yang memadai, serta kurangnya pengetahuan dan dukungan dalam penerapan praktik bisnis berkelanjutan; dan 3) dampak dan manfaat berupa penciptaan lapangan kerja yang adil, penguatan kemandirian ekonomi perempuan, dan peningkatan kesadaran konsumen terhadap produk fesyen berkelanjutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa perempuan yang diberi kesempatan dan diberdayakan dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya pembangunan berkelanjutan khususnya di bidang fashion.

Full Text:

PDF

References


Ainaya Alfatiha, Raja, Margo Purnomo, dan Ratih Purbasari. 2022. “Systematic Mapping Study: Peran Women Entrepreneurship dalam Networking Pada UMKM Pariwisata.” Bahtera Inovasi 5(2):98–105. doi: 10.31629/bi.v5i2.3932.

Alimuddin, Andi. 2021. “Penggunaan Internet dan Peluang Berwirausaha di Indonesia.” Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis 26(2):112. doi: 10.20961/jkb.v26i2.50913.

Amorelli, María Florencia, dan Isabel María García-Sánchez. 2021. “Trends in the Dynamic Evolution of Board Gender Diversity and Corporate Social Responsibility.” Corporate Social Responsibility and Environmental Management 28(2):537–54. doi: 10.1002/csr.2079.

Ariani, Meri, dan Rose Rahmidani. 2020. “Pengaruh Green Marketing dan Consumer Knowledge Terhadap Brand Image Produk Tupperware.” Jurnal Ecogen 3(4):572. doi: 10.24036/jmpe.v3i4.10503.

Asy’ari, M. F., dan Y. T. Amalia. 2022. “Sisi Gelap Multinational Corporation (MNC) Fast Fashion: Implikasi Terhadap Keamanan Lingkungan.” Jurnal Multidisiplin West Science 1(2):164–80. doi: https://doi.org/10.58812/jmws.v1i02.41.

Bahri. 2022. “Dampak Green Product dan Green Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Kelompok UPPKS ‘Kalipakem Baru’: Dimediasi Etika Lingkungan Bisnis.” Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis 27(1):1. doi: 10.20961/jkb.v27i1.52113.

Berliandika, Beata, Dessy Isfianadewi, dan Anjar Priyono. 2021. “Strategi Sustainable Business Model Innovation Pada Industri Fashion Digital Ilustrasi.” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 13(1):46–60. doi: 10.33059/jseb.v13i1.3798.

Bianchi, Constanza, dan Matias Gonzalez. 2021. “Exploring Sustainable Fashion Consumption Among Eco-Conscious Women.” International Review of Retail, Distribution and Consumer Research 31(4):375–92. doi: 10.1080/09593969.2021.1903529.

Brewer, Mark K. 2019. “Slow Fashion in a Fast Fashion World: Promoting Sustainability and Responsibility.” Laws 8(4):24. doi: 10.3390/laws8040024.

Fitri, Rahmi Nur. 2021. “Fashion Designer Sebagai Alternatif Keterlibatan Perempuan Maroko Di Ruang Publik.” Jurnal Kajian Islam Interdisipliner 6(1):31. doi: https://doi.org/10.14421/jkii.v6i1.1116.

Ginting, Elitttaria, dan Hagawaomasi Zokho Sihura. 2020. “Kebijakan Pemberdayaan Perempuan Di Bidang Ekonomi Dalam Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Ramah Gender (Studi Kasus : Perbandingan Kebijakan Permerdayaan Perempuan Kota Surabaya Dan Probolinggo Dibidang UMKM ).” Jurnal Inada: Kajian Perempuan Indonesia Di Daerah Tertinggal, Terdepan, Dan Terluar 3(2):201–13. doi: https://doi.org/10.33541/ji.v3i1.2458.

Haris, Risma. 2022. “Perempuan Di Tengah Ekonomi Ramah Lingkungan (Eco-Woman).” Pp. 28–40 in Perempuan dan Lingkungan, edited by A. Setiawan. Yogyakarta: Nuta Media.

Köksal, Deniz, dan Jochen Strähle. 2021. “Social Sustainability in Fashion Supply Chains—Understanding Social Standard Implementation Failures in Vietnam and Indonesia Using Agency Theory.” Sustainability (Switzerland) 13(4):1–35. doi: https://doi.org/10.3390/su13042159.

Matthew B, Miles, dan A. Michael Huberman. 2014. “Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebooks.” 12.

McNeill, Lisa, dan Brittany Venter. 2019. “Identity, Self-Concept and Young Women’s Engagement with Collaborative, Sustainable Fashion Consumption Models.” International Journal of Consumer Studies 43(4):368–78. doi: 10.1111/ijcs.12516.

Mubarokah, Siti, dan Maria Rio Rita. 2020. “Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Peran Gender Sebagai Pemoderasi.” International Journal of Social Science and Business 4(2):211–20. doi: 10.23887/IJSSB.V4I2.24139.

Murti, Krisna, Raden Ayu Wulantari, Nurly Meilinda, dan Anang Dwi Santoso. 2022. “Perempuan Dan Perilaku Berkelanjutan Dalam Komunitas Online Pecinta Barang Lokal.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 8(2):221. doi: 10.30813/bricolage.v8i2.3248.

Pero, Margherita, Elisa Arrigo, dan Antoinette Fionda-Douglas. 2020. “Sustainability in Fashion Brands.” Sustainability (Switzerland) 12(14):10–13. doi: https://doi.org/10.3390/su12145843.

Pratiwi, Sucia, dan Rose Rahmidani. 2023. “Pengaruh Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Hand & Body Lotion.” Jurnal Ecogen 6(1):119. doi: 10.24036/jmpe.v6i1.14476.

Rahman, Amelia, Hendro Aryanto, dan Aniendya Christiana. 2019. “Perancangan Media Promosi Produk Fashion Dari Pengelolaan Limbah Fashion.” Jurnal DKV Adiwarna 1(14):8.

Sehnem, Simone, Leonice Troiani, Ana Cláudia Lara, Marcelo Guerreiro Crizel, Luciano Carvalho, dan Vinícius Picanço Rodrigues. 2023. “SustainableFashion: Challenges and Barriers for Advancing the Circular Economy.” Environment, Development and Sustainability. doi: 10.1007/s10668-022-02872-9.

Setyaningrum, Ayu, dan Putu Nina Madiawati. 2017. “Green Marketing Terhadap Brand Image Produk Lampu LED Philips Di Kota Bandung.” AGREGAT: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1(2):164–82. doi: 10.22236/agragat_vol1/is2pp164-182.

Simon, Linda. 2014. “Women and Fashion.” Journal of Women’s History 26(4):164–71. doi: https://doi.org/10.1353/jowh.2014.0061.

Tay, Dicky Siswanto Renggi, dan Sugeng Rusmiwari. 2019. “Implementasi Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 8(4):217–22. doi: https://doi.org/10.33366/jisip.v8i4.1950.

Tjokrosoeharto, Melvina Adeline, dan Eristia Lidia Paramita. 2021. “Understanding Consumer Purchase Intention to Purchase Sustainable Fashion: The Moderating Role of Gender Perception.” Diponegoro International Journal of Business 4(2):136–46. doi: 10.14710/dijb.4.2.2021.136-146.

Todeschini, Bruna Villa, Marcelo Nogueira Cortimiglia, Daniela Callegaro-de-Menezes, dan Antonio Ghezzi. 2017. “Innovative and Sustainable Business Models in the Fashion Industry: Entrepreneurial Drivers, Opportunities, and Challenges.” Business Horizons 60(6):759–70. doi: 10.1016/j.bushor.2017.07.003.

Turner-Skoff, Jessica B., dan Nicole Cavender. 2019. “The Benefits of Trees for Livable and Sustainable Communities.” Plants People Planet 1(4):323–35. doi: 10.1002/ppp3.39.

Victor, ADIM Chidiebere, Mary Olufunmilayo Adelaiye, dan ADUBASIM Ikechukwu Ernest. 2018. “Entrepreneurial Networking and Women Entrepreneurs’ Contribution to Employment Creation in Rivers State, Nigeria.” International Journal of Business, Economics and Management 5(3):56–67. doi: 10.18488/journal.62.2018.53.56.67.

Wildan, A. A., dan S. Nurfebiaraning. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran Sustainable Fashion Brand IAMECCU Melalui Media Sosial Instagram.” MEDIALOG: Jurnal Ilmu … IV(Ii):1–12. doi: https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1058.

Yuniawati, Rizqy Aiddha. 2021. “Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):169. doi: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i4.15352