Tinjauan Manajemen Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat

Halkadri Fitra - Universitas Negeri Padang
Erly Mulyani - Universitas Negeri Padang
Salma Taqwa - Universitas Negeri Padang
Halmawati Halmawati - Universitas Negeri Padang
Henri Agustin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Latar belakang penelitian adalah lahirnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang didalamnya mengharuskan pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan masuk pada jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua desa di Kabupaten Agam dengan teknik pemilihan sampel secara cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk dokumentasi literatur, survey, dan pengisian kuisioner dengan pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data (collection), kemudian seleksi data (reduction), selanjutnya penyajian data (display) dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa di kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat berdasarkan indikator Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 sudah terlaksana dengan baik oleh aparatur desa dan pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa tersebut. Untuk itu disarankan supaya pemerintahan desa di kabupaten Agam supaya dapat mempertahankan pelaksanaan manajemen pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan ini. Apabila diperlukan maka pemerintah desa dapat membuat peraturan teknis tentang pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan di masing-masing desa sehingga akan memudahkan setiap aparatur yang melaksanakan kegiatan tersebut.


Keywords


Management, Village, Reporting, Accountability, Finance

Full Text:

PDF

References


Ahid Papareng. (2019). Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep

Djalil, Rizal. (2014). Akuntabilitas Keuangan Daerah. Jakarta: Rmbooks Pt. Wahaya Semesta Intermedia.

Effendi1 , Djoko Supatmoko. (2017). Implementasi Penatausahaan, Pengelolaan, dan Pelaporan Alokasi Dana Desa Dalam Proses Pembangunan Desa Bimorejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2017, Volume IV (2) : 153-158.

Hanifah, Suci. Sugeng Praptoyo. (2015). Akuntabilitas dan Transparansi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol.4 No.8. Hal 1-15. Surabaya: SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Https://sumbar.antaranews.com/berita/459853/ di-agam-dana-desa-sudah-cair-sampai-september-2021-sebanyak-ini-jumlahnya. Unduh 13 Maret 2022 Jam 21.00 WIB

Irma, Ade. (2015). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. e-Journal Katalogis, Vol.2N0.1. Hal 121-137. Palu: Universitas Tadulako.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta.

Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta.

Sunarti, et.al. (2018). Pengelolaan Keuangan Desa Dan Sistem Akuntansi Keuangan Desa Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa Pacung. Jurnal Ilmiah Akuntansi danHumanika, Vol. 8 No. 1, April 2018 ISSN: 2599-2651

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wijaya dan Roni. (2019). Praktik Pengelolaan Keuangan Desa Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya. JIKH Vol. 13 No. 2 Juli 2019: 165 – 184.

Yuniarti, Umi. (2015). Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbdesa). Seminar Nasional. Universitas PGRI Yogyakarta.

Zulaifah & Marwata. (2020). Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus pada Desa Jlumpang, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21 (1), 2020, 130-141.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw02145230