Pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Manajerial Dan Penerapan Pilar Dasar Total Quality Management Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada BUMN di Kota Padang)
Abstract
This research means to discover the influence of the commitment of division manager toward the managerial performance and practices of fundamental base of Total Quality Management as intervening at BUMN (state’s company) and practices in Padang City. Survey Populate method is implemented to 30 BUMN in Padang City. The division manager as responden. The Using data consist of primary which taken by questionnaire and the secondary data which support this research. Then, the hypothesis tested by Path Analysis. Based on the result discovered that: (1) There are influence of the commitmen of division manager toward manager performance (2) There are influence of the division manager commitment toward managerial performance and practices of fundamentals base of TQM as intervening at BUMN in Padang City
Key words: Commitment, TQM and performance
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2010). ”Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Akuntabilitas Publik terhadap Kinerja Organisasi.” Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol 9. No 2 Agustus 2012
Anwar, Prabu Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Basri, A.F.M. & Rivai, V. (2005). Performance appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Blocher, J. Edward. (2000). Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat
Cahyasumirat, Gunawan. (2009).”Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Internal Auditor”. Tesis USU
Cherrington, David J. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. New Hersey: Prentice Hall Inc.
Ferris, Arranya. (1998). Commitment to Professionalism. Yogjakarta: Pustaka Belajar
Finasari, Dian Maya. (2006). Pengaruh Penerapan Konsep Total Quality Management terhadap kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja. Skripsi FE UNM.
Gasperz, Vincent (2002). Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Gramedia PustakaUtama
Gibson, J (1995). Organization. Kentucky: Richard D. Irwin, Inc
Gibson, J (2000). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Kelima. Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga
Goetsch, David L, dan Davis, Stanley B. (2000). Quality Management, Introduction to Total Quality Management for Production, and Services. Third Edition. New Jersey: Pretince Hall
Hadis, Abdul. (2010). Manajemen Mutu Jakarta: Alfabeta
Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Imam, Ghozali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro: Semarang
John, M. Ivanchevic. (2005).Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga
Kenangsari, Ani. (2002). “Dimensi Biaya Kualitas Sebagai Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Produktivitas”. Jurnal Akuntansi & Manajemen 1, page 12-28
Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalinda
Lubis, Akhir Khairul. (2008). “Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Tesis USU
Nurul, Chairany. (2011). “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Kepemimpinan dan Perlaku Produktif Karyawan.” Skripsi Universitas Hasanudin Makasar.
Pasaribu, Hiras (2009)”Pengaruh Komitmen, Persepsi dan Penerapan Pilar Dasar Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 11 Nomor 2. November 2009
Rai, Gusti Agung. (2008). Audit Kinerja pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat
Rakhmat, Jalaludin. (1998) Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riky, Achmad (2006). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Robbins. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Sabrina, Herdiani. (2011). “Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Budaya dengan Kinerja Organisasi”. Skripsi. UNP
Sari, D. M. (2009). “Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial”. Skripsi. USU
Soegiarto, Soekidjan. (2009). Komitmen Organisasi Apakah Sudah Dalam Diri Anda? Jakarta: Rineka Cipta
Singgih, Santoso (2007). Solusi Berbisnis TI: TQM dan Six Sigma. Jakarta: Elex Media Komputindo
Suardi, Rudi (2001), Sistem Manajemen Mutu: ISO 9000:2000, Penerapannya Untuk Mencapai TQM, Seri Manajemen Operasi No. 10. Jakarta: Penerbit PPM
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: PT. Alfabeta
Sumarno. (2005). “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Kantor Cabang Perbankan di Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo. Skripsi. Magister Akuntansi. STIE. Y.A.I
Suparman. (2007). Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam meningkatkan Kinerja Pegawai. Tesis. Universitas Diponegoro
Syahputra. (2005). “Pengaruh Gaji, Kemampuan Individu, dan Persepsi Peranan Terhadap Kinerja Pegawai. Tesis. STIE Bisnis Indonesia
Syaiin, Subakti. (2008). “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja”. Skripsi USU
Tan & Hunter (2002). A method for Study of Cognition in Information System. MIS Quarterly
Tangkilisan, Hesel. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo
Tistiningtias.(2007). “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja”. Skripsi FE UNM.
Wheaton, Schroot. (1999). Total Quality Management. Bogor : Tri Al Bros Publishing
Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Yenti, Riza (2002)”Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedur, Komitmen Terhadap Tujuan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial Dalam Penyusunan Anggaran”. Universitas Andalas Padang. Simposium Nasional Akuntansi VI.
Yukl, Gary. (2007). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks