Pengaruh Komitmen Terhadap Kinerja Manajerial Dan Penerapan Pilar Dasar Total Quality Management Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada BUMN di Kota Padang)

Sigit Sanjaya - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


This research means to discover the influence of the commitment of division manager toward the managerial performance and practices of fundamental base of Total Quality Management as intervening at BUMN (state’s company) and practices in Padang City. Survey Populate method is implemented to 30 BUMN in Padang City. The division manager as responden. The Using data consist of primary which taken by questionnaire and the secondary data which support this research. Then, the hypothesis tested by Path Analysis. Based on the result discovered that: (1) There are influence of the commitmen of division manager toward manager performance (2) There are influence of the division manager commitment toward managerial performance and practices of fundamentals base of TQM as intervening at BUMN in Padang City

Key words: Commitment, TQM and performance


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2010). ”Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Akuntabilitas Publik terhadap Kinerja Organisasi.” Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol 9. No 2 Agustus 2012

Anwar, Prabu Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Basri, A.F.M. & Rivai, V. (2005). Performance appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Blocher, J. Edward. (2000). Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat

Cahyasumirat, Gunawan. (2009).”Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Internal Auditor”. Tesis USU

Cherrington, David J. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. New Hersey: Prentice Hall Inc.

Ferris, Arranya. (1998). Commitment to Professionalism. Yogjakarta: Pustaka Belajar

Finasari, Dian Maya. (2006). Pengaruh Penerapan Konsep Total Quality Management terhadap kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja. Skripsi FE UNM.

Gasperz, Vincent (2002). Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Gramedia PustakaUtama

Gibson, J (1995). Organization. Kentucky: Richard D. Irwin, Inc

Gibson, J (2000). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Kelima. Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga

Goetsch, David L, dan Davis, Stanley B. (2000). Quality Management, Introduction to Total Quality Management for Production, and Services. Third Edition. New Jersey: Pretince Hall

Hadis, Abdul. (2010). Manajemen Mutu Jakarta: Alfabeta

Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Imam, Ghozali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro: Semarang

John, M. Ivanchevic. (2005).Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga

Kenangsari, Ani. (2002). “Dimensi Biaya Kualitas Sebagai Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Produktivitas”. Jurnal Akuntansi & Manajemen 1, page 12-28

Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalinda

Lubis, Akhir Khairul. (2008). “Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Tesis USU

Nurul, Chairany. (2011). “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Kepemimpinan dan Perlaku Produktif Karyawan.” Skripsi Universitas Hasanudin Makasar.

Pasaribu, Hiras (2009)”Pengaruh Komitmen, Persepsi dan Penerapan Pilar Dasar Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 11 Nomor 2. November 2009

Rai, Gusti Agung. (2008). Audit Kinerja pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat

Rakhmat, Jalaludin. (1998) Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riky, Achmad (2006). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Robbins. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Sabrina, Herdiani. (2011). “Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Budaya dengan Kinerja Organisasi”. Skripsi. UNP

Sari, D. M. (2009). “Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial”. Skripsi. USU

Soegiarto, Soekidjan. (2009). Komitmen Organisasi Apakah Sudah Dalam Diri Anda? Jakarta: Rineka Cipta

Singgih, Santoso (2007). Solusi Berbisnis TI: TQM dan Six Sigma. Jakarta: Elex Media Komputindo

Suardi, Rudi (2001), Sistem Manajemen Mutu: ISO 9000:2000, Penerapannya Untuk Mencapai TQM, Seri Manajemen Operasi No. 10. Jakarta: Penerbit PPM

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: PT. Alfabeta

Sumarno. (2005). “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Kantor Cabang Perbankan di Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo. Skripsi. Magister Akuntansi. STIE. Y.A.I

Suparman. (2007). Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam meningkatkan Kinerja Pegawai. Tesis. Universitas Diponegoro

Syahputra. (2005). “Pengaruh Gaji, Kemampuan Individu, dan Persepsi Peranan Terhadap Kinerja Pegawai. Tesis. STIE Bisnis Indonesia

Syaiin, Subakti. (2008). “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja”. Skripsi USU

Tan & Hunter (2002). A method for Study of Cognition in Information System. MIS Quarterly

Tangkilisan, Hesel. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo

Tistiningtias.(2007). “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja”. Skripsi FE UNM.

Wheaton, Schroot. (1999). Total Quality Management. Bogor : Tri Al Bros Publishing

Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Yenti, Riza (2002)”Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedur, Komitmen Terhadap Tujuan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial Dalam Penyusunan Anggaran”. Universitas Andalas Padang. Simposium Nasional Akuntansi VI.

Yukl, Gary. (2007). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks