Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh, Dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008-2011)

Laila Fitri - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to investigate the influence of size, growth opportunity, and profitability to earnings response coefficient in manufacturing companies in Indonesia Stock Exchange. Population of this study is the manufacturing companies listed in the Indonesia Stock Exchange from 2008-2011. Sample was determined through purposive sampling technique consisted of 49 companies. The result of this study indicated that size, growth opportunity, and profitability are not significant to earnings response coefficient.

Keyword: Earnings Response Coefficient, Size,Growth Opportunity, Profitability


Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2006). Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa ali Akbar Yulianto. Jakarta: Erlangga.

Christine Dwikarya Susilawati. (2008). “ Faktor-faktor Penentu ERC.” Jurnal Ilmiah Akuntansi (Vol. 7 Nomor 2, November). Hlm.146-160.

Eduardus, Tandelilin. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Elvida, Niretlas. (2011). “Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Konsentrasi Kepemilikan Pihak Luar Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Pelaporan Keuangan”. Skripsi tidak diterbitkan. UNP

Etty Murnawingsari. (2007). “Pengujian Simultan Beberapa Faktor yang Mempengaruhi ERC”. Laporan penelitian. Universitas Trisakti.

Gujarati, N. Damodar. (2003). Basic Econometrics. 4th.ed. Singapore: Mc. Grawhill.

Indonesian Capital Market Directory. 2008

Indonesian Capital Market Directory. 2009

Indonesian Capital Market Directory.2010

Imam, Gozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indra Kusumawardhani dan Joko Setiyo Nugroho. (2010). “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Size, dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient”. ISSN 1907- 1442 Kajian Akuntansi (Vol 5 Nomor 1, Juni). Hlm. 22-32.

Lesia Jang, Bambang Sugiarto. (2007). “ Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur Di BEJ”. ISSN 1412-0240 Akuntabilitas (Vol 6 Nomor 2, Maret). Hlm. 142-147.

Mamduh, Hanafi dan Abdul, Halim. (2007). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Margaretta Jati palupi. (2006). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba: Bukti Empiris Pada Bursa Efek Jakarta”. Jurnal EKUBANK (Vol 3 Edisi November). Hlm. 10-25.

Mudrajad, Kuncoro. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mohamad, Samsul. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Naila Nur Hidayati dan Sri Murni. (2009). “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi (Vol 11 Nomor 1, April). Hlm. 1-18.

Noviyanti Tiolemba. (2006). “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ”. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan (Vol 4 Nomor 2, Agustus). Hlm. 100-115.

Randhi Maesa Putra. (2012). “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Laba Terhadap Koefisien Respon Laba Akuntansi”. Skripsi tidak diterbitkan. UNP

Scott, William R. (2009). Financial Accounting Theory, 5th.ed. Scarborough, Ontario : Prentice-Hall Canada Inc.

Sekar Mayangsari. (2004). “Bukti Empiris Pengaruh Spesialisasi Industri Auditor terhadap Earnings Response Coefficient”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia (Vol 7 Nomor 2, Mei). Hlm. 154-178.

Soemarso. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Sri Ambarwati. (2008). “ Earnings Response Coefficient”. ISSN 1412-0240 Akuntabilitas (Vol 7 Nomor 2, Maret). Hlm. 128-134.

Sri Mulyani, Nur Fadjrih Asyik, dan Andayani. (2007). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta”. JAAI (Vol 11 Nomor 1, Juni). Hlm. 35- 45.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi. Jogjakarta: BPFE: Yogyakarta.

www. idx.co.id

www.finance.yahoo.com

Yosefa Sayekti dan Ludovicus Sensi Wondobio. (2007). “Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient”. Simposium Nasional Akuntasni X.

Zahroh Naimah dan Siddharta Utama. (2006). “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, pertumbuhan, dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Koefisien Respon Laba dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas”. Simposium Nasional Akuntansi.