PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015)

Ahmad Rifandi - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang: (1) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. (2) Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan sustainability report. (3) Pengaruh leverage terhadap pengungkapan sustainability report.

 Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Peneliti menentukan jumlah  sampel perusahaan yang diambil dengan kriteria tertentu (teknik purposive sampling). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)   Ukuran Perusahaan berpengaruh  negatif namun tidak signifikan  terhadap  pengungkapan sustainability report. (2) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan sustainability report. (3) leverage tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan sustainability report.

Dalam penelitian  ini disarankan: (1) Bagi peneliti selanjutnya untuk memperpanjang periode pengamatan penelitian (2) Menjadikan semua perusahaan yang menerbitkan sustainability reporting sampel penelitian termasuk non publik (3) menambah variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi sustainability reportingperusahaan, seperti: rasio likuiditas, rasio aktivitas, leverage, GCG dan lainnya.


Kata  Kunci     :  Sustainability reporting, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage


Full Text:

PDF

References


Adistira, Sri Aulia. (2012). “Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sustainability reporting”. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, ISSN: 2088-0685 Vol.3 No. 1, April 2013 Pp 403-414.

Anke. (2009). “Analisis pelaksanaan SR pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk”. Jurnal Akuntansi & Auditing Volume 8/No. 1/November 2009. Undip.

Arum, Harjanti Puspa (2012) “Pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas (studi di wilayah KPP Pratama Cilacap).”

Arum, Prastiwi dan Ayu Puspitaningrum. (2012). “Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan internet financial and sustainability reporting (ifsr)”. Jurnal Skripsi. Universitas Brawijaya.

Brigham dan Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat: Jakarta.

Chariri, Anis dan F.A. Nugroho. 2009. “Retorika dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility: Analisis Semiotik atas Sustainabilty Reporting PT Aneka Tambang (Antam) Tbk”. (online) diakses pada tanggal 11 januari 2017.

Dilling. 2009. “ Sustainability Reporting In A Global Context: What are The Characteristics of Corporations That Provide High Quality Sustainability Reports, An Emprical Analysis.” Dalam International Business and Economics Research Journal. Vol 9, No1, New York. Institute Technology. Canada.

Duckworth, Holly Alison, & More, Rosemond Ann. (2010). Social Responsibility Failure Mode Effect and Anlysis. CSR Press.

Ghozali, Imam dan A, Chariri, 2007. Teori Akuntansi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GRI. 2013. Sustainability Report Guidelines. www.globalreporting.org. diakses tanggal 12 januari 2017

Kuhlman, Tom. 2010.” What Is Sustainability ?”. dalam ISSN Journal. http//www.mdpi.com. Diakses tanggal 9 Januari 2014.

Luthfia, Khaula. (2011). “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report”.

Luthfia, Khaula. (2012). “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report”.

Mega, Putri Yustia Sari. (2013). “Pengaruh kinerja keuangan, ukuran perusahaan dan corporate governance terhadap pengungkapan sustainability reporting”. Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-10. Undip.

Nugroho, Firman Aji. 2009. ”Analisis Atas Narrative Text Pengungkapan Corporate Social Responbility dalam Sustainability Report PT.Aneka Tambang,Tbk”. Skripsi S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sembiring, Eddy Rismanda. (2005). “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta”. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo. Hlm 379-395.

Soemarso. (2002). Akuntansi Statu Pengantar, Buku 1. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.

Solihin, Ismail. (2007). Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Suryono, Hari dan Prastiwi, Andri. 2011. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance (CG) terhadap Praktek Pengungkapan Sustainability Report (SR) (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2009). Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XIV

Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1997 tentang Lingkungan.

Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas.

Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Whitehead, John. 2006. “Global Warming and Sustainability”. http//www.envecon.net. Diakses tanggal 12 Januari 2017.

Wibisono. 2007. “Membedah konsep dan Aplikasi Corporate social Responbility”. Surabaya: Media Grapka

Widianto, Hari Uryono. 2011. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas,, Ukuram Perusahaan, dan Corporate Governance terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2010). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.