Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi

Yora Sari - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


The  aim of this study were to determine the impact of  self-control and learning behavior on the understanding the introductoryof accounting. this study was classified as a descriptive study, the data used in this study were primary data. Sample of this study were 129 of accounting student. the purposive sampling used to get the sample. The collection technique of this study was the survey technique by distributing questionnaire directly to each respondent. Analysis of  data using multiple regression analysis to see the impact of self-control and learning behavior on the understanding the introductory of accounting.

The result showed that self-control and learning behaviors significantly influence the understanding the introductory of accounting either partially or simultaneously. The suggestion of this study were the accounting student should enhance their self-control especially in controlling their emotion, and also improve the learning behavior for better result of the student’s understanding the introductory of accounting.

Keywords: self-control, learning behaviors, introductory acconting


Full Text:

PDF

References


Aditya Anggraeni Evytasari. 2010. Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Anggun Yuniani. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Arie Pengestu Dwijayanti. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emsional, Kecerdasan intelektual dan Kecerdasan Spiritual, dan Kecerasan Sosial Terhadap pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Pemabangunan Nasional “Veteran”.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi III). Jakarta: Balai Pustaka.

Fabiola Meirnayati Trihandhini. 2005. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Filia Rachmi. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Diponegoro

Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosional. Mengapa EQ lebih penting dari IQ. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi (Terjemahan T Hermaya). Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Hanifah, dan Syukriy Abdullah. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.

http://www.google.co.id, tentang Pengertian Pengendalian Diri. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012 pada jam 15.00 WIB.

http://www.google.co.id, tentang Pentingnya Pengendalian Diri. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012 pada jam 15.00 WIB.

Idris. 2008. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang: Penerbit FE UNP.

Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Jogiyanto. 2005. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Rissyo Melandy RM dan Nurna Aziza. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. SNA IX, Padang, 23-26 Agustus.

Shapiro, LE. 2003. Mengajrakan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Penerbit Rinenka Cipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sriwardany. 2011. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. UMN

Sudjana. 2002. Metoda Statistik. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Peneliitian. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, www. Suwardjono.com.

Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Uma Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.