Abstract
Mata kuliah teori rangkaian listrik merupakan salah satu mata kuliah yang membutuhkan media untuk penjelasan mendalam mengenai konsep-konsep abstrak dan kompleks dalam pembelajarannya. Media video merupakan salah satu media yang dapat membantu dalam penyampaian materi, yang mana pada penelitian ini media video yang dikembangkan adalah media video berbasis microlearning. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media video berbasis microlearning untuk mengoptimalkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan dari media video yang dikembangkan dalam pembelajaran mata kuliah rangkaian listrik. Metode pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalag metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini mengungkapkan bahwa media yang di kembangkan sangat layak digunakan pada pembelajaran mata kuliah Rangkaian Listrik dengan hasil uji kelayakan 85,4%.
Kata kunci : Media Video, Microlearning, Rangkaian Listrik
The Theory of Electrical Circuits course is one that requires media to provide an in-depth explanation of abstract and complex concepts within its material. Video media is one such tool that can aid in delivering this content. In this study, the developed video media is based on microlearning principles. The aim of this research is to develop microlearning-based video media to optimize students' understanding in learning and to assess the feasibility of this developed video media for the Electrical Circuits course. The development method used in this study is the 4D method (Define, Design, Develop, Disseminate). The research reveals that the developed media is highly feasible for use in teaching the Electrical Circuits course, with a feasibility test result of 85.4%.
Keywords: Video Media, Microlearning, Electrical Circuits