Abstract


Pada era globalisasi yang berkembang pada saat ini memberikan dampak terhadap kehudupan manusia diseluruh dunia, terutama dibidang pendidikan. Pendidikan menjadi perhatian bagi masyarakat luas, saat ini moralitas di kesampingkan  sikap dan prilaku di tengah masyarakat. Maka disisi lainnya pendidikan menjadikan manusia semakin terdidik dalam hal intelektualitas lalu moralitas akan terbentuk dengan sendirinya. Namun, suatu sisi lain, pendidikan yang sedang berlangsung menjadikan manusia kekurangan rasa kemanusiaannya. Desain instruksional ADDIE yang efektif berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan kompleks, dan masalah asli. Model pembelajaran ADDIE berlandaskan pada pendekatan sistem yang efektif dan efisien serta prosesnya yang bersifat interaktif antara siswa dengan guru dan lingkungan. Merancang media pembelajaran interaktif berupa Aplikasi Android dengan konten pembelajaran pengenalan alat ukur jaringan sesuai dengan materi pembelajaran di Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran yang diterapkan di kelas XI TKJ SMKN 2 Padang dengan teknologi Marker Augmented Reality sehingga dapat diakses melalui smartphone. Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis simulasi menggunakan android pada mapel Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel.

Kata kunci : Augmented Reality, Alat Penyambungan, ADDIE, TJKN

 

In the current era of globalization, it has an impact on human life throughout the world, especially in the field of education. Education is a concern for the wider community, currently morality is put aside, attitudes and behavior in society. So on the other hand, education makes humans more educated in intellectual matters and then morality will form by itself. However, on the other hand, ongoing education makes humans lack a sense of humanity. Effective ADDIE instructional design focuses on implementing authentic tasks, complex knowledge, and genuine problems. The ADDIE learning model is based on an effective and efficient systems approach and an interactive process between students, teachers and the environment. Designing interactive learning media in the form of an Android application with learning content on the introduction of network measuring instruments in accordance with the learning material in the Learning Objectives Flow (ATP), Learning Achievements and Learning Objectives implemented in class XI TKJ SMKN 2 Padang with Augmented Reality Marker technology so that it can be accessed via smartphone. Knowing the feasibility of simulation-based learning media using Android in the Cable and Wireless Network Technology subject.

Keywords: Augmented Reality, Connection Tool, ADDIE, TJKN