Abstract


Perkembangan teknologi dalam Era Revolusi Industri 4.0, terutama teknologi informasi dan komunikasi, menawarkan berbagai kemudahan dalam proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang menarik perhatian adalah Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang memadukan objek maya dua atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkan objek tersebut secara real-time. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang memudahkan siswa dalam mempelajari pengenalan bagian-bagian otak manusia dalam mata pelajaran IPA kelas IX. Aplikasi ini akan dijalankan pada platform Android dan dapat digunakan kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan koneksi internet. Metode yang digunakan dalam perancangan media interaktif ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan penyebaran (distribution). Media pembelajaran ini telah diuji validasi oleh ahli media dan materi yang memberikan skor rata-rata dari validasi sebesar 89% dengan kategori valid.

Kata kunci : Augmented Reality, Aplikasi Mobile, Bagian Otak Manusia, Ilmu Pengetahuan Alam.

 

The development of technology in the Industry 4.0 era, especially information and communication technology, offers various conveniences in the learning process. One of the intriguing technologies is Augmented Reality (AR). AR is a technology that integrates two or three-dimensional virtual objects into a real three-dimensional environment and displays these objects in real-time. The aim of this final project is to create an Augmented Reality-based learning media application that facilitates students in learning about the parts of the human brain in the science subject for grade IX. This application will run on the Android platform and can be used anytime and anywhere without requiring an internet connection. The method used in designing this interactive media is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), which consists of six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and deployment. This learning media has been validated by media and material experts, obtaining an average validation score of 89% with category “valid”.

 Keywords: Augmented Reality, Mobile Apps, Human Brain Parts, Natural Science.