Abstract
Suatu penelitian dalam komputer yang mengkopilasikan data grafis 3 dimensi dengan dunia yang real (nyata) menjadi sebuah media, yang disebut Augmented Reality (AR). Perumahan Sicincin Permai menggunakan media brosur 2 dimensi, sehingga calon pembeli kurang tertarik dengan informasi yang disampaikan karena tidak dapat melihat secara langsung bentuk rumah. Namun, dengan adanya bentuk 3 dimensi akan sangat menarik calon pembeli terhadap brosur yang disajikan. Metode yang digunakan adalah marker based tracking untuk implementasi augmented reality perumahannya dan ARToolkit sebagai software pendukung penginstalan, serta didesain menggunakan Blender. Dari penelitian yang didapatkan, bahwa yang mendukung pemasaran perumahan media brosur rumah dengan AR teknologi dalam menampilkan sebuah objek 3 dimensi yang mana terdapat fitur aplikasi yaitu objek rumah 3D, video dan informasi dari perumahaan. Sehingga calon pembeli dapat melihat langsung objek rumah dari aplikasi AR dengan menscan marker yang terdapat pada brosur perumahan menggunakan kamera smartphone.
Kata kunci: Augmented Reality, Brosur Rumah, Marker Based Tracking
A study in a computer that compiles 3-dimensional graphic data with the real world (real) into a medium, called Augmented Reality (AR). Sicincin Permai housing uses a 2-dimensional brochure media, so that potential buyers are less interested in the information submitted because they cannot see directly the shape of the house. However, the presence of a 3-dimensional form will be very attractive to potential buyers of the brochures presented. The method used is marker based tracking for the implementation of augmented reality housing and ARToolkit as software to support installation, and designed using Blender. From the research, it was found that what supports housing marketing is home brochure media with AR technology in displaying a 3-dimensional object where there are application features, namely 3D house objects, videos and information from housing. So that prospective buyers can see directly the object of the house from the AR application by scanning the marker contained in the housing brochure using a smartphone camera
Keywords: Augmented Reality, Home brochure, Marker Based Tracking