Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul pembelajaran Kerja Bengkel dan gambar teknik berbasis Problem Based Learning. Metode penelitian yang dipakai untuk pengembangan modul ini adalah Research and Development versi Borg dan Gall yang disederhanakan oleh Anik Ghufron. Model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan Anik Ghufron memiliki empat langkah: 1) Penelitian Awal, 2) Pengembangan, 3) Pengujian Lapangan, 4) Penyebaran Produk. Penelitian ini menggunakan satu cara pengumpulan data dalam bentuk kuesioner validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan layak dengan nilai validitas Materi 3.16 dan Media 3.67. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul pembelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik berbasis problem based learning yang dihasilkan layak.

Kata kunci : Modul Pembelajaran, Research and development, Validitas, Problem Based Learning


The purpose of this research is to create Workshop Work learning modules and Problem Based Learning-based engineering drawings. The research method used to develop this module is the Research and Development version of Borg and Gall simplified by Anik Ghufron. Anik Ghufron's simplified Borg and Gall development model has four steps: 1) Preliminary Research, 2) Development, 3) Field Testing, 4) Product Deployment. This study uses one way of collecting data in the form of validation questionnaires. The results showed that the module developed was declared feasible with the validity value of Materials Specialist 3.16 and Media Expert 3.67. The data obtained shows that workshop work learning modules and resulting problem-based learning images can be executed.

Keywords: Learning Module, Research and development, Validity, Problem Based Learning