Abstract


Penjadwalan dalam dunia pendidikan sering menjadi kendala, dikarenakan dalam penyusunan  jadwal dengan berbagai kegiatan membutuhkan waktu yang lama dan harus sesuai dengan sumber daya yang ada,  dari waktu hingga fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, pembuatan jadwal kegiatan sekolah harus mempertimbangkan kebijakan dari lembaga pendidikan tersebut. Apabila pembuatan jadwal kegiatan tidak diperhatikan, akan menjadi kendala ketika pembuatan jadwal selanjutnya, seperti dua kegiatan terlaksana dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut dapat berdampak pada masing – masing kegiatan yaitu kegiatan terganggu bahkan tidak terlaksana, tujuan optimasi penjadwalan adalah kondisi dimana sebuah jadwal tidak bentrok dan lebih optimal dari jadwal yang  sudah ada sebelumnya. Konsep Weighted Product dapat di terapkan dalam permasalahan seperti ini, kriteria yang digunakan yaitu waktu, biaya, dan SDM. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Weighted Product kegiatan sekolah dapat di optimalkan, seperti pada bulan agustus hasil perankingan dari nilai vektor kegiatan upacara kemerdekaan mendapatkan posisi pertama dengan nilai 0,3472380742575.

Kata kunci : Optimasi, Penjadwalan, Sekolah, Weighted Product

 

Scheduling in the world of education often becomes an obstacle, because in preparing schedules with various activities requires a long time and must be in accordance with available resources, from time to other supporting facilities. In addition, making a schedule of school activities must consider the policies of the educational institution. If making the schedule of activities is not considered, it will become an obstacle when making the next schedule, such as two activities carried out at the same time. This can have an impact on each of the activities namely disrupted activities or even not implemented, the purpose of scheduling optimization is a condition where a schedule does not clash and is more optimal than a pre-existing schedule. The concept of Weighted Product can be applied to problems like this, the criteria used are time, cost, and HR. The test results show that by using the Weighted Product method school activities can be optimized, such as in August the ranking results from the vector value of the independence ceremony activities get the first position with a value of 0.3472380742575.

Keywords: Optimization, Scheduling, School Activities, Weighted Product.