Abstract
Jurnal TINGKAP Volume X, No. 1 bulan April 2014 ini menyajikan 6 artikel hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dan 1 Resensi Buku. Tulisan-tulisan tersebut terangkum dalam satu tema: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui PTK dan meliputi berbagai topik, yaitu: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Patiseri Melalui Penggunaan Media Microsoft Office Power Point Pada Pelajaran PKn di SMK N 6 Padang (Asnelti); Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS 1 Melalui Model Pembelajaran Sosiodrama di SMAN 13 Padang (Erma); Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif “Berkirim Salam dan Soal” di SMP Kartika 1-6 Padang (Fitria Nova); Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Metode Discovery dalam Pembelajaran PKn di Kelas X.2 SMA Negeri 2 Lengayang Pesisir Selatan (Melda Winda); Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah HAM dalam Mata Pelajaran PKn (Neldison); dan Peningkatan Aktifitas Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn Melalui Metode Jigsaw di Kelas XII IPS2 SMAN 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota (Nurlaila). Selain itu Jurnal edisi ini juga dilengkapi dengan satu resensi buku yang ditulis oleh Meztika Zed: Sistem dan Aktor dalam Pengelolaan Pendidikan.