Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa kelas XII SMAN 1 Rao dalam pembelajaran seni rupa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain concurrent triangulation. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data kuantitatif dari angket yang disebarkan kepada 50 orang siswa melalui random sampling dianalisis menggunakan persentase. Sementara data kualitatif dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Kedua jenis data tersebut kemudian dianalisis secara bersamaan, disajikan secara terpadu, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal (motivasi, minat, perasaan senang, persepsi kemampuan bakat) dan faktor eksternal (metode mengajar, media pembelajaran, materi, prasarana, teman bergaul) menjadi penyebab faktor kurangnya minat belajar siswa kelas XII SMAN 1 Rao.
Kata kunci : Minat; Pembelajaran, Seni Rupa, Faktor Internal, Faktor