The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penciptaan souvenir ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan dan hasil penciptaan souvenir ornamen Sumatera Utara dari bahan dasar kayu dengan teknik ukir. Penciptaan Souvenir ini menerapkan motif-motif ornamen Sumatera Utara dikarenakan masih kurangnya masyarakat dalam mengenal motif-motif ornamen yang ada di Sumatera Utara. Karya souvenir ornamen Sumatera Utara dari bahan dasar kayu dengan teknik ukir ini menciptakan sebanyak 9 jenis karya souvenir yaitu hiasan dinding, jepit buku, jam dinding, tusuk konde, cermin, gantungan kunci, sendok, kalung, dan stand phone. Motif ornamen yang diterapkan pada karya souvenir bahan dasar kayu dengan teknik ukir ini adalah ornamen Karo, Pakpak Dairi, Simalugun, Batak Toba, Mandailing dan Sipirok, Melayu serta Nias. Teknik yang digunakan dalam proses penciptaan karya souvenir ini adalah teknik ukir datar, tembus/krawang, dan ukir tinggi/dalam.