The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik dalam membuat kaligrafi dekorasi secara universal yang terdapat pada Sanggar Bapqah Sika Medan.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Karya kaligrafi dekorasi diperoleh dari hasil wawancara dan analisis data bahwa kualitas karya kaligrafi cabang dekorasi di Sanggar Bapqah Sika Medan ditinjau dari teknik dinilai cukup baik dan teknik melukis kaligrafi cabang dekorasi pada tahap pengerjaan menggunakan ada tiga teknik yaitu Teknik Spray, Teknik Plakat, dan Teknik Ombre (gradasi warna). Selanjutnya berdasarkan hasil apresisi pengamat diperoleh sebanyak 10 karya kaligrafi dekorasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh karya yang baik berjumlah 9 (sembilan) buah ( 97,22% ) dan yang cukup berjumlah 1 buah ( 2,78 %).
Kata kunci : Kaligrafi Dekorasi, Teknik