The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan pembuatan karya akhir ini adalah untuk memvisualisasikan keindahan bunga anggrek dalam karya seni renda dan sulam. Hal ini disebabkan karena kekaguman penulis terhadap bunga anggrek yang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan tanaman lain. Pembuatan karya dilakukan dengan teknik renda berupa objek utama yaitu bunga anggrek dan daun, dicampur dengan teknik sulam berupa objek pendukung seperti ranting dan bunga-bunga kecil. Metode penciptaan pada karya akhir dilakukan secara bertahap yaitu Tahap persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep, dan tahapan penyelesaian atau finishing dalam berkarya. Sepuluh karya renda dan sulam berukuran 40 cm x 60 cm dengan judul Berdasarkan tema “keindahan bunga anggrek”, sesuaidengan ide tentang bunga anggrek dikembangkan dengan judul “Puspa Pesona”, “Keindahan”, “Gairah”, “Ikatan”, “Optimis”, “Kreatifitas”, “Harmoni”, ”Kelembutan”,  “Anggun”, dan “Karangan’.