The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan dengan kata-kata apa yang sedang diteliti. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu observasi bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni grafi cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang, kemudian dari wawancara kepada pihak yang terkait, dokumentasi serta angket sebagai pengumpulan data dalam proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang. Hasil penelitian pada proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna di kelas IX SMP Negeri 29 Padang tidak semua yang dilaksanakan berkaitan pada rancangan pembelajaran yang telah disusun oleh tenga pendidik. Saat belajar, kebanyakan dari peserta didik belum mampu berkarya seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna karena minimnya waktu dan alat yang disediakan oleh sekolah. Hal ini dibuktikan pada rekap nilai pembelajaran seni grafis yang diberikan oleh guru. Rendahnya nilai yang didapakan pada semester lalu, peserta didik diuji kembali pemahamannya tentang proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna di semester sekarang dengan melalui angket. Namun demikian respon peserta didik memperlihatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna termasuk dalam kategori “Baik”.