The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor internal dan eksternal yang memengaruhi minat mahasiswa pada mata kuliah pilihan paket seni patung pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode yang membuat gambaran mengenai kejadian dan situasi yang sebenarnya. subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa sebanyak 49 orang yang mengambil mata kuliah pilihan paket yang terdaftar pada Semester Januari – Juni 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik yaitu proportionate stratified random sampling. Penyusunan instrumen penelitian berpedoman pada skala Linkert. Sebelum alat pengumpulan data digunakan, langkah yang dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji coba mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Analisis validitas menggunakan rumus pearson produk moment dan reliabelitas menggunakan rumus Alpha. Hasil analisis relibilitas instrumen adalah 0.936. Teknik analisis data ini mengunakan  program SPSS versi 16.0 dan Microsoft Exel 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi minat  mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang terhadap mata kuliah pilihan paket seni patung yang terdiri dari faktor internal tinggi (75.02%) antara lain faktor perhatian (79.12%), faktor bakat (68.16%), dan faktor kesiapan (71.02%). Faktor eksternal sangat tinggi (80.89%) antara lain faktor kurikulum (82.45%), faktor metode pembelajaran (85.61%), faktor tugas (79.71%), faktor dosen yang mengajar (78.37%), dan sosial dan lingkungan (79.18%).

Kata kunci : pengaruh minat, mata kuliah, mahasiswa