The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran seni rupa berorientasi mind mapping yang valid dan praktis. Adapun model pengembangan yang digunakan merupakan model 4-D. Model 4-D terbagi atas pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dikarenakan keterbatasan waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Modul pembelajaran berorientasi mind mapping ini telah direvisi atas saran dan masukan dari ahli validator, diantaranya 3 dosen seni rupa, 1 dosen bahasa dan 1 guru seni budaya. Pengembangan modul pembelajaran berorientasi mind mapping dilakukan dengan uji skala kecil yang terdiri dari 10 orang siswa kelas X SMAN 1 Painan. Pada lembar validasi yang diberikan kepada validator, diperoleh hasil yaitu, 93% dikategorikan sangat valid. Sedangkan untuk lembar praktikalitas, hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa, diperoleh hasil yaitu, 89,5% dikategorikan sangat praktis.  Berdasarkan penilaian dari ahli validator dan siswa mengenai modul pembelajaran berorientasi mind mapping dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tersebut sudah valid dan praktis