The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis segala apa yang ditemukan dilapangan untuk mengungkap sejarah berdirinya tugu, struktur bentuk, dan makna yang terkandung pada tugu Peringatan Perang Kamang 15 Juni 1908. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa keterangan lisan dari informan yang dicatat dalam bentuk wawancara serta data literatur kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tugu Peringatan Perang Kamang 15 Juni 1908 dibangun untuk memperingati dan mengenang peristiwa perang Kamang. Faktor seniman, sejarah dan tokoh yang mempengaruhi bentuk dari tugu Peringatan Perang Kamang 15 Juni 1908. Sedangkan makna yang terkandung pada tugu menjadi prinsip dasar perancangan, sehingga tugu bukan hanya sebagai ciri khas suatu daerah melainkan sebagai bukti akan suatu peristiwa yang pernah terjadi. Karena itu tugu mampu memberikan kesan, pesan dan nilai -nilaiĀ  perjuangan.